Menang 3-2, The Maroons ke Final Piala Asia 2023! - detik

 

Menang 3-2, The Maroons ke Final Piala Asia 2023!

Adhi Prasetya

Doha -

Tuan rumah Qatar melaju ke final Piala Asia 2023 usai mengalahkan Iran 3-2 di semifinal. Harapan untuk mempertahankan gelar yang diraih pada 2019 silam kini semakin terbuka lebar.

Bermain di Stadion Al Thumama, Rabu (7/2/2024), Iran unggul cepat di menit ke-4 lewat Sardar Azmoun. Penyerang AS Roma itu menyambar sapuan buruk bek Qatar Pedro Miguel dengan tendangan salto yang menghujam sudut kanan gawang kiper Meshaal Barsham.

Keunggulan itu hanya bertahan sebentar karena Qatar sukses menyamakan skor di menit ke-17. Jassem Gaber menuntaskan umpan tarik Akram Afif dengan tembakan jarak jauh. Bola membentur Saeid Ezatolahi sebelum melaju masuk ke gawang yang dijaga Alireza Beiranvand.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menit ke-43, Qatar berbalik unggul. Afif melakukan cut-inside dari sisi kiri yang kemudian coba dihalau barisan belakang Iran. Meski dikelilingi empat pemain lawan, namun tembakannya ke sudut kanan gawang Iran tak mampu dibendung Beiranvand. Skor 2-1 bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Iran mendapat hadiah penalti pada menit ke-49 akibat handball yang dilakukan gelandang Qatar Ahmed Fathi di kotak terlarang. Alireza Jahanbakhsh maju sebagai eksekutor dan berhasil mengecoh Barsham. Skor menjadi 2-2.

Qatar terus berupaya menambah gol. Peluang hadir lewat Yusuf Abdurisag di menit ke-53, namun sukses dihalau Beiranvand. Sundulan Almoez Ali pada menit ke-72 juga mudah saja diamankan kiper 31 tahun itu.

Iran juga punya kesempatan. Azmoun nyaris mencetak gol kedua di laga ini lewat sundulan di menit ke-75, namun Boualem Khoukhi dengan sigap menyapu bola di garis gawang Qatar, mencegah terjadinya gol.

Di pengujung babak kedua, akhirnya Qatar yang berhasil mendapat gol ketiga di menit ke-82. Tendangan jarak jauh Abdel Aziz Hatem justru mendarat di kaki Almoez di kotak penalti. Dengan tenang, ia melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Iran tanpa mampu dihalau Beiranvand.

Video Assistant Referee mengecek gol tersebut karena Almouz diduga offside, namun striker 27 tahun itu dinyatakan onside sehingga gol pun disahkan. Skor menjadi 3-2 untuk Qatar.

Iran berupaya menyamakan skor, namun harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-90+3 usai Shojae Khalilzadeh diganjar kartu merah akibat pelanggaran terhadap Afif yang tengah berlari menuju gawang Iran untuk mencetak gol.

Pada akhirnya, injury time lebih dari 15 menit tak mampu dimanfaatkan Iran untuk mencetak gol. Qatar untuk kedua kali secara beruntun sukses menapak ke final. Kali ini mereka akan ditantang oleh Yordania yang sebelumnya menyingkirkan Korea Selatan 2-0.


Susunan pemain

Iran: Alireza Beiranvand, Ramin Rezaeian (Shahriyar Moghanlou 87'), Hossein Kanani, Shojae Khalilzadeh, Ehsan Hajsafi (Milad Mohammadi 46'), Omid Ebrahimi (Mohammad Mohebi 46'), Saeid Ezatolahi, Alireza Jahanbakhsh, Mehdi Taremi (Reza Asadi 90+8'), Saman Ghoddos, Sardar Azmoun.

Qatar: Meshaal Barsham, Lucas Mendes, Almahdi Ali (Boualem Khoukhi 68'), Pedro Miguel (Tarek Salman 63'), Hammam Al-Amin (Ismaeel Mohammad 46'), Mohammed Waad, Ahmed Fathi, Jassem Gaber (Abdel Aziz Hatem 81'), Yusuf Abdurisag (Hasan Al Haydos 63'), Akram Afif, Almoez Ali.

(adp/yna)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek