Link Semifinal Piala Asia 2023 Yordania vs Korsel Malam Ini Pukul 22.00, Ammouta Uji Taktik Klinsmann - TribunNews

 Semifinal Piala Asia 2023 Yordania vs Korsel Malam Ini Pukul 22.00, Ammouta Uji Taktik Klinsmann

Machmud Mubarok

TRIBUNPRIANGAN.COM, DOHA - Dua tim dari kutub berbeda, Yordania akan berhadapan dengan Korea Selatan pada laga semifinal Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, malam ini Selasa 6 Februari 2024 pukul 22.00 WIB.

Laga ini merupakan ajang pelatih Yordania, Hussein Ammouta, menguji taktik pelatih Korea Selatan, Jurgen Klinsmann. 

Link live streaming dan Live Score laga semifinal ini bisa dilihat di bagian akhir artikel ini.

Kedua tim berupaya untuk mencetak sejarah masing-masing.

Yordania ingin menciptakan sejarah menjadi juara Piala Asia untuk pertama kalinya. Sementara Korea Selatan bertekad membuat sejarah kembali menjadi juara setelah terakhir jadi juara pada 1960.

Pemain Korea Selatan, Hwang In-beom, merasa tekanan yang dialami Republik Korea menjelang pertandingan semifinal Piala Asia AFC Qatar 2023 melawan Yordania hanya akan menjadi motivasi tambahan bagi tim.

Setelah mengalahkan Arab Saudi dan Australia untuk mencapai babak empat besar dan dengan jarak 44 poin antara Korea dan Yordania di Peringkat Dunia FIFA, ekspektasi semakin tinggi bahwa gelar Piala Asia AFC pertama sejak 1960 telah menanti Taegeuk Warriors.

Baca juga: LINK Live Streaming Semifinal Piala Asia 2023 Yordania vs Korea Selatan Nanti Malam, Siapa Unggul?

Baca juga: LIVE Score Yordania vs Korea Selatan di Semifinal Piala Asia 2023, Tim Taeguk Berpeluang ke Final

"Sejarah ada untuk diubah," ujar sang gelandang seperti diberitakan the-afc.com. "Jika Anda mengatakan Korea tidak dapat memenangkan turnamen ini karena kami kebobolan delapan gol, kami akan membuktikan bahwa Anda salah. Ya, kami kebobolan banyak gol, tetapi jangan lupa bahwa kami juga mencetak banyak gol.

"Tekanan selalu ada, tidak hanya untuk turnamen ini. Sebagai seorang pesepak bola profesional, kami harus hidup dengan tekanan. Namun, merupakan sebuah keistimewaan untuk hidup dengan tekanan, sesuatu yang hanya bisa dialami oleh para atlet profesional.

"Kami harus mempercayai para pemain, staf dan pelatih. Kami harus mempercayai para penggemar. Kami harus percaya bahwa kami bisa melakukannya. Kami ingin menikmati tekanan dan semakin dekat dengan tujuan kami," kata Hwang.

Hwang merupakan sosok yang selalu ada dalam pilihan Jurgen Klinsmann, tampil sebagai starter di setiap pertandingan dan sejauh ini telah mencetak satu gol dan satu assist.

Laga semifinal Piala Asia 2023 antara Yordania vs Korea Selatan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, pada Selasa 6 Februari 2024 malam. (the-afc.com) 

Namun, pemain berusia 27 tahun ini - yang bermain untuk klubnya di Serbia bersama FK Crvena Zvezda - bertanggung jawab atas kesalahan yang membuat Australia unggul di perempat final pada hari Jumat.

"Hal yang paling saya syukuri adalah bahwa saya tidak bermain sebagai seorang individu. Siapa pun bisa melakukan kesalahan dan saya bersyukur memiliki rekan-rekan setim.

"Tanpa mereka, saya tidak akan berada di sini hari ini dan tidak akan bisa menjalani turnamen. Terkadang ketika Anda melakukan kesalahan, Anda tidak melihatnya karena rekan-rekan setim dan dukungan mereka.

"Besok, beberapa pemain mungkin akan melakukan kesalahan atau tidak bermain, maka giliran saya untuk membantu rekan setim. Semoga saja, drama yang sedang kami tulis saat ini, bisa berakhir bahagia," kata Hwang.

Di kubu lawan, Yordania, Ibrahim Saadeh percaya bahwa tim Yordania percaya diri akan turun ke lapangan Stadion Ahmad Bin Ali untuk pertandingan semifinal Piala Asia AFC Qatar 202 melawan Korea Selatan pada hari Selasa.

Setelah mencapai semifinal pertama yang bersejarah di ajang kontinental, pemain berusia 23 tahun itu bersikeras bahwa perjalanan Yordania yang luar biasa tidak akan berakhir meskipun ada tugas besar untuk menghadapi tim Korea Selatan yang bertekad untuk mengakhiri penantian panjang mereka untuk meraih gelar Piala Asia AFC yang ketiga.

"Kami sangat senang bisa berada di semifinal," kata Saadeh. "Merupakan suatu kebanggaan bagi kami untuk bisa melangkah sejauh ini. Hal ini memberikan tekanan kepada kami, namun kami telah terlatih dan siap untuk mencapai final.

"Mungkin banyak yang tidak menyangka tim kami bisa melangkah sejauh ini, tetapi kami percaya bahwa kami bisa melangkah jauh di kompetisi ini. Tentu saja ini memberikan tekanan kepada kami, tetapi kami siap untuk menulis ulang sejarah."

Bermain sepak bola di klubnya bersama Al Khor di Qatar Stars League, Saadeh sudah tidak asing lagi dengan lingkungannya dan siap untuk memainkan perannya - baik sebagai pemain inti maupun sebagai pemain pengganti.

Salah satu dari tiga penampilannya sebagai pemain pengganti terjadi saat menghadapi Korea di pertandingan Grup E, dan sang gelandang siap menerima tantangan jika pelatih kepala Hussein Ammouta memanggilnya.

"Ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Staf teknis dan para pemain siap untuk mencapai final.

"Pelatih, asisten pelatih dan staf teknis semuanya telah membantu kami untuk meninjau kembali pertandingan-pertandingan sebelumnya dan mengidentifikasi kesalahan-kesalahan kami.

"Sebagai pemain, tentu saja saya siap untuk bermain jika dipilih dan yang pasti, saya akan memberikan yang terbaik untuk membantu Jordan lolos ke babak selanjutnya," kata Saadeh.

Adu Strategi Ammouta dan Klinsmann

Pelatih kepala tim Yordania, Hussein Ammouta, percaya bahwa ia harus mendapatkan taktik yang tepat untuk semifinal Piala Asia AFC Qatar 2023™ Yordania melawan Korea Selatan.

Setelah melampaui pencapaian terbaik mereka sebelumnya dengan mencapai semifinal di ajang kontinental ini, Ammouta bertekad perjalanan Yordania hanya akan berakhir setelah mengangkat gelar untuk pertama kalinya meskipun ada tantangan besar yang menanti mereka. 

"Ini akan menjadi pertandingan yang sangat menantang bagi kedua tim. Ini akan menjadi sulit bagi kami karena kami akan kehilangan dua pemain kunci. Pertandingan ini akan lebih sulit dibandingkan pertandingan yang kami jalani di babak penyisihan grup. Tapi kami memberikan banyak penekanan pada persiapan kami," ujar Ammouta, pelatih berusia 54 tahun itu, diberitakan the-afc.com.

Baca juga: Jadwal Semifinal Piala Asia 2023, Yordania vs Korea Selatan dan Iran vs Qatar, Siapa Bakal ke Final?

Baca juga: Live Score Tajikistan vs Yordania Perebutkan Tempat di Semifinal Piala Asia 2023

"Semua orang di kompetisi ini sudah siap secara mental, dan itulah mengapa kami harus fokus untuk meningkatkan aspek taktis dari permainan kami. Kami perlu melakukan perbaikan saat bermain di tahap turnamen ini dan aspek taktis harus diperhatikan dengan baik.

"Membuat keputusan taktis melibatkan menghindari atau menekan tim-tim kuat dan memastikan bahwa setiap pemain mendapatkan apa yang layak mereka dapatkan. Setiap tim membutuhkan persiapan yang matang, baik secara mental maupun fisik, untuk bertahan bermain selama 120 menit."

Yordania tidak akan diperkuat oleh Ali Olwan dan Salem Al Ajalin, namun Ammouta yakin bahwa ia memiliki kualitas yang cukup untuk mengimbangi absennya para pemain yang terkena skorsing.

"Kami tentu akan merindukan para pemain yang tidak bisa bermain di semifinal. Mereka adalah bagian dari pemain inti di tim Yordania, namun kami memiliki pemain yang bisa menggantikan peran mereka. Kami harus melakukan beberapa pengorbanan dan para pemain tahu bahwa mereka harus membuat keputusan besar ketika mereka masuk ke lapangan."

'Mousa Al Tamari akan siap. Dia adalah pemain kunci dan kami mengandalkannya. Namun, bukan hanya upaya Musa yang kami butuhkan, kami membutuhkan kontribusi dari semua orang. Mereka adalah para pemain profesional dan mereka dapat memulihkan mental dalam waktu 48 jam.

"Saya harap kami akan mempertahankan fokus dan konsentrasi tinggi pada detail-detail kecil yang dapat menghasilkan perubahan signifikan. Kami mengandalkan dukungan dari para penggemar kami untuk memenangkan pertandingan melawan Republik Korea."

Ini akan menjadi semifinal Piala Asia AFC kelima bagi Republik Korea dalam tujuh edisi terakhir dan pelatih kepala Jurgen Klinsmann yakin para pemainnya memiliki apa yang diperlukan untuk mencapai final.

"Kami sangat bersemangat untuk pertandingan semifinal ini, sebuah pujian yang besar untuk Yordania. Kami berasal dari grup yang sama, yang hanya menyoroti dinamika tim kami yang kuat. Namun, rasa lapar kami akan kesuksesan mendorong kami untuk melangkah lebih jauh. Kami merasa bugar, optimis dan sangat menantikan untuk melaju hingga ke final. Suasana di dalam tim sangat positif," ujar Klinsmann.

"Tim harus tetap rileks, fokus pada tantangan yang akan datang dan menghilangkan gangguan yang tidak penting saat ini. Saya yakin kelompok pemain ini berpengalaman dan tujuan kami adalah mencapai final dan kami memasuki pertandingan melawan tim Yordania yang sangat kuat dengan persiapan penuh untuk bermain 120 menit dan bahkan menghadapi adu penalti jika diperlukan."

Korea Selatan harus berjuang keras untuk meraih kemenangan dalam empat dari lima pertandingan mereka di Qatar 2023, tetapi Klinsmann percaya bahwa timnya telah matang sepanjang turnamen.

"Ekspektasi dan tekanan di awal selalu menjadi tantangan bagi setiap negara, tetapi seiring berjalannya waktu, Anda membangun kepercayaan diri, dan sekarang, berada di empat besar, itu meningkatkan kepercayaan diri. Mirip dengan bagaimana Argentina mengatasi kekalahan mereka melawan Arab Saudi pada pertandingan pembuka Piala Dunia FIFA 2022, mereka menghadapi tekanan pada pertandingan berikutnya melawan Meksiko.

"Begitu Anda berhasil melewati beberapa pertandingan pertama dan kepercayaan diri terbangun setelah melewati semua pertandingan yang menantang, memiliki seluruh bangsa di belakang Anda menjadi faktor positif. Sebuah tim membutuhkan kekuatan mental yang tinggi untuk bermain di turnamen dan Anda harus siap untuk maraton. Sekarang, kami hanya perlu menyelesaikannya dengan kuat dan mengamankan medali emas."

"Yordania memiliki pemain-pemain yang sangat istimewa yang dapat membalikkan keadaan. Kami harus mencegah mereka mencetak gol dan tetap berada di puncak permainan kami, bermain dengan kekuatan kami. Kami telah menghadapi mereka di babak penyisihan grup dan kuncinya adalah mencetak gol lebih banyak dari lawan."

Namun, upaya Republik Korea untuk mencapai final kedua dalam tiga edisi, harus dilakukan tanpa Kim Min-jae, dengan bek tengah Bayern Munich itu terkena skorsing untuk pertandingan semifinal.

Prediksi Susunan Pemain Yordania Formasi 3-4-2-1

Kiper: Y Abu Laila

Belakang: Bara Marie, Y Al Arab, A Nasib, 

Tengah: A Al Mardhi, N Al Rawabdeh, R Hasan, I Haddad,

Depan: Fadi Awad, Mousa Al Tamari, Y Al Naimat

Prediksi Susunan Pemain Korea Selatan Formasi 4-2-3-1

Kiper : Cho Hyun Woo

Belakang: Kim Young-Gwon, Kim Min-Jae, Kim Tae-Hwan, YW Seol

Tengah: Hwang In-Beom, Park Yong-Woo, Hwang Hee-Chan, Lee Kang-In, Son Heung-Min

Depan:  Cho Gue-Sung 

Score Yordania vs Korea Selatan >>>> LINK 

Live Streaming Piala Asia 2024

LINK RCTI +

LINK iNews TV

LINK Vision +

Cara Nonton :

Untuk menyaksikan Piala Asia 2024 di Vision+, Anda dapat memilih paket berlangganan Premium Sports.

Paket tersebut terdiri dari 3 pilihan yakni Paket 30 Hari Rp35.000, Paket 90 Hari Rp95.000, dan Paket 1 Tahun Rp200.000. (*)

Baca Berita-berita TribunPriangan.com di Google News

Sumber: Tribun Priangan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek