Jokowi Bakal Bangun Stadion di GOR Sudiang Makassar Tahun Ini - detik

 

Jokowi Bakal Bangun Stadion di GOR Sudiang Makassar Tahun Ini

Ahmad Nurfajri Syahidallah

Makassar - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal membangun stadion di kawasan GOR Sudiang Makassar. Rencana tersebut akan mulai direalisasikan tahun ini.

"Tadi Bapak Presiden menjanjikan langsung tahun ini dibangun. Insyaallah tahun ini akan dibangun stadion di Sulawesi Selatan oleh Menteri PUPR," ujar Bahtiar Baharuddin kepada wartawan di Lanud Sultan Hasanuddin, Kamis (22/2/2024).

Bahtiar mengatakan telah melaporkan aspirasi masyarakat agar Sulsel memiliki stadion baru kepada Presiden Jokowi. Dengan begitu, kata dia, Presiden Jokowi meminta Bahtiar untuk menyampaikan rencananya untuk membangun stadion baru itu kepada masyarakat.

"Selama ini, ada aspirasi dari masyarakat Sulawesi Selatan ingin memiliki stadion. Kami tadi sudah melaporkan kepada Bapak Presiden, sebenarnya kami juga sudah mengusulkan sejak tahun lalu dan Forkopimda, Pak Kapolda, Pangdam, tahu itu," imbuhnya.

"Tadi saya dipersilakan menyampaikan kepada masyarakat, insyaallah aspirasi masyarakat Sulawesi Selatan untuk memiliki stadion yang representatif akan dibangun tahun ini oleh Kementerian PUPR," lanjut Bahtiar.

Dia menyebut lahan stadion itu disiapkan oleh Pemprov Sulsel di kawasan GOR Sudiang. Stadion itu rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 20 hektare.

"Lahan sudah disiapkan oleh Pemprov. Lokasi yang sudah kita siapkan adalah di sport center di Sudiang seluas 20 hektare. Dan saya sekali lagi tak bisa menyembunyikan kebahagiaan karena hal yang sangat lama didambakan masyarakat kita tahun ini diwujudkan oleh Bapak Presiden Jokowi," jelasnya.

Bahtiar menuturkan lahan yang disiapkan itu adalah lahan milik Pemprov Sulsel dan tidak punya masalah terkait sengketa tanah. Dengan begitu, stadion yang akan dibangun nantinya tidak akan terkendala proses hukum di kemudian hari.

"Tugas saya menyiapkan lahan yang sangat clear. Milik Pemprov sendiri. Adanya di Sudiang dan yang memang adalah sport center dan luasnya ada 75 hektare di situ. Lahan yang dibutuhkan sebenarnya cukup 10 hektare, tapi kami siapkan 20 hektare supaya kawasan itu benar-benar bisa menjadi kawasan stadion yang layak dan bisa digunakan untuk event-event berskala besar," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, niat Bahtiar untuk membangun stadion baru di Sulsel disampaikan saat menjamu skuad PSM Makassar dan founder Bosowa Grup Aksa Mahmud di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Rabu (1/11/2023). Kala itu, Bahtiar mengaku telah menyiapkan lahan seluas 20 hektare untuk membangun stadion tempat PSM Makassar bermarkas.

"Jadi sudah ada jejak-jejak, proses yang sedang berlangsung. Soal lahan sudah kita selesaikan. Diminta 10 hektare, saya kasih 20 hektare. Bukanji tanahku, tanahnya ji negara," ujar Bahtiar saat melepas skuad PSM Makassar untuk berlaga di putaran kedua Liga 1, Rabu (1/11/2023).

Bahtiar mengatakan pembangunan stadion untuk markas PSM Makassar merupakan kewajibannya sebagai Pj Gubernur Sulsel. Dia menilai rakyat berhak untuk mendapatkan hal tersebut.

"Ini memang kewajiban kita. Ini bukan soal karena beliau ada di sini. Ini memang haknya rakyat mendapatkan pelayanan dari pemerintahan," tuturnya.

Simak Video "Jokowi Teken Perpres Publisher Rights: Kita Ingin Jurnalisme Berkualitas"

(asm/hmw)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek