Ternyata Shin Tae-yong Sengaja Pasang 9 Pemain Muda Ini di Laga Uji Coba Lawan Libya jelang Piala Asia 2023 - tvonenews

 

Ternyata Shin Tae-yong Sengaja Pasang 9 Pemain Muda Ini di Laga Uji Coba Lawan Libya jelang Piala Asia 2023

tvonenews.com
January 8, 2024

tvOnenews.com - Kendati mengalami dua kali kekalahan berturut-turut dalam laga uji coba melawan Libya, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ternyata punya maksud di balik formasinya yang didominasi pemain muda.

Sebagaimana diketahui Timnas Indonesia mengalami kekalahan telak dengan skor 0-4 pada pertandingan pertama, Selasa (2/1/2024). Pada pertandingan kedua, Jumat (5/1/2024) skuad asuhan Shin Tae-yong kembali menyerah, kali ini tipis 1-2.

Pengamat sepak bola Indonesia Ronny Pangemanan atau yang akrab disapa Bung Ropan mengomentari dua kekalahan yang dialami Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023 ini.

(Foto: PSSI)

Bung Ropan menyoroti sebelas pertama (starting eleven) yang diturunkan Shin Tae-yong di laga kedua, yang didominasi oleh pemain berusia muda.

“Saya melihat yang menarik bahwa dari starting eleven (pertandingan uji coba) ini banyak pemain-pemain muda yang dipercayakan STY

Dari 11 pemain yang diturunkan Shin Tae-yong di laga tersebut hanya dua orang yang berusia di atas 23 tahun yakni Yakob Sayuri (26) dan Jordi Amat (31). 

Selebihnya sebanyak 9 pemain merupakan pemain muda yang berusia di bawah 23 tahun, mulai dari penjaga gawang Ernando Ari (21), bek Elkan Baggott (21), Rizky Ridho (21), dan bek sayap Pratama Arhan (22). 

Ada pula gelandang Ivar Jenner (19), Marselino Ferdinan (19), serta pemain depan Witan Sulaeman (22), dan Rafael Struick (20).

 “Nah, anak-anak ini yang nantinya akan fokus bagi STY untuk tampil di Piala Asia U-23 di Qatar juga,” jelas Bung Ropan.

Sehingga pada 15 April sampai 3 Mei yang akan datang di Piala Asia U-23 Shin Tae-yong lebih percaya diri dan tidak lagi kesulitan meracik pemain.

Upaya Shin Tae-yong memasang dominasi 9 pemain muda untuk Timnas Indonesia senior ini dinilai Bung Ropan sebagai langkah jitu. 

“Karena dengan usia yang sangat muda mereka sudah punya jam permain yang sangat baik untuk di tim yang lebih senior,” katanya.

Dengan begitu harapannya Timnas Indonesia senior di masa yang akan datang sudah lebih matang dan memiliki kerangka pemain yang sudah padu. 

(Foto: PSSI)

Shin Tae-yong ingin skuad Timnas Indonesia fokus lawan Iran, sebelum ke Piala Asia

Kendati demikian, pelatih asal Korea Selatan itu masih enggan membicarakan turnamen yang masih jauh. Ia memilih fokus dengan yang ada di depan mata.

Dimana Timnas Indonesia masih menyisakan satu laga uji coba melawan Iran pada Selasa (9/1/2024) di Qatar.

“Dan (starting eleven di laga kedua lawan Libya) inilah yang saya pikir cikal bakal untuk ditampilkan menghadapi Iran dalam laga terakhir,” ucap Bung Ropan.

(Foto: PSSI)

Pertemuan melawan Iran menjadi modal penting sebelum berjumpa Irak di fase grup Piala Asia pada tanggal 15 Januari. 

Setelah lawan Irak, Timnas Indonesia akan bertemu Vietnam (19 Januari) dan Jepang (24 Januari). 

Dapatkan artikel-artikel menarik lainnya dengan ‘follow’ atau mengikuti tvOnenews.com di sini, Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita