Piala Asia 2023 Indonesia vs Australia, Shin Tae-yong Sesalkan Gol Bunuh Diri Elkan Baggott - Beritasatu

 

Piala Asia 2023 Indonesia vs Australia, Shin Tae-yong Sesalkan Gol Bunuh Diri Elkan Baggott

Senin, 29 Januari 2024 | 08:53 WIB
TR
R
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong.
Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong. (PSSI)

Jakarta, Beritasatu.com - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong menyesalkan terjadinya gol bunuh diri Elkan Baggott ketika Indonesia dikalahkan Australia 0-4 dalam babak 16 besar Piala Asia 2023, Minggu (28/1/2024).

ADVERTISEMENT

Diketahui, gol bunuh diri pemain naturalisasi itu menjadi gol pembuka Australia yang terjadi pada menit ke-12.

"Ada elemen gol yang kurang beruntung dari pemain kami (Baggott). Mungkin jika itu tidak terjadi maka permainan kami akan berbeda," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers seusai pertandingan.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui gol bunuh diri Elkan Baggot memengaruhi mental pemain Garuda. Setelah gol itu, Australia juga lebih nyaman lantaran telah memimpin pertandingan.

Tiga gol Australia dicetak oleh Martin Boyle pada menit ke-45, Craig Goodwin pada menit ke-89, serta sundulan Harry Souttar pada injury time babak kedua.

Meski Indonesia kalah dan tersisih dari Piala Asia 2023, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi penampilan timnya dan berharap para pemain akan tampil lebih baik di kesempatan berikutnya.

"Saya berterima kasih kepada pemain saya. Saya lega dengan penampilan mereka hari ini. Semoga tim ini lebih baik di kesempatan selanjutnya," kata Shin.

Pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu menyebut para pemain Merah Putih masih membutuhkan pengalaman bertanding agar dapat tampil kompetitif di turnamen papan atas seperti Piala Asia.

"Kami tidak kalah dalam konteks performa, mereka bermain bagus dan menjalankan instruksi saya dengan baik. Namun, memang unsur pengalaman yang masih dibutuhkan oleh pemain kita," kata Shin Tae-yong.

BACA JUGA

Pelatih berusia 53 tahun itu optimistis bahwa timnas Indonesia akan memiliki level yang berbeda jika kembali bertemu dengan Australia di masa mendatang.

"Kami kalah karena kurangnya pengalaman dan konsentrasi. Mungkin lain kali kami akan kembali bertemu mereka dengan kekuatan yang berbeda," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita