Piala Asia 2023: Erick Thohir Pastikan Shayne Pattynama Segera Balik ke Timnas Indonesia - Liputan 6

 Piala Asia 2023: Erick Thohir Pastikan Shayne Pattynama Segera Balik ke Timnas Indonesia

Diterbitkan 08 Jan 2024, 19:30 WIB
Ketum PSSI Erick Thohir
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan Shayne Pattynama bakal segera kembali ke Timnas Indonesia sebelum pertandingan perdana kompetisi Piala Asia 2023 di Qatar. (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan Shayne Pattynama bakal segera kembali ke Timnas Indonesia jelang bergulirnya kompetisi Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, skuad racikan Shin Tae-yong saat ini sudah berada di Qatar untuk mempersiapkan diri sebelum tampil dalam ajang sepak bola level Asia.

Pasukan Garuda sebelumnya sempat menjalani pemusatan latihan di Turki sejak 20 Desember hingga 6 Januari. Dua laga uji coba kontra Libya juga sempat diikuti Timnas Indonesia, dengan seluruhnya berujung kekalahan 0-4 dan 1-2.

Pratama Arhan dan kawan-kawan lantas tiba di Qatar pada Minggu (7/1/2024) waktu setempat. Mereka dijadwalkan menjalani satu uji coba lagi melawan Iran pada 9 Januari, sebelum melakoni duel perdana penyisihan grup Piala Asia 2023 kontra Irak, Senin (15/1/2024). 

Sayangnya, pemain naturalisasi Shayne Pattynama belum ikut dalam rombongan Timnas Indonesia yang ikut ke Qatar. Eks pemain Viking FK itu diizinkan pulang ke Belanda sementara waktu untuk mengecek kondisi ibunya yang sakit.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjelaskan keputusan memulangkan Shayne diambil berdasarkan hasil pertimbangan matang. Menurutnya, langkah itu perlu dilakukan demi menjaga psikologis sang pemain jelang kompetisi.

"Saya mengizinkan Shayne kembali ke Belanda dulu supaya psikologisnya lebih stabil," papar Shin Tae-yong dalam situs resmi PSSI beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Shayne Pattynama Segera Balik ke Timnas Indonesia

Kualifikasi Putaran Pertama Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam
Selebrasi kemenangan pemain Timnas Indonesia, Shayne Pattynama setelah berakhirnya laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023) malam WIB. Timnas Indonesia menang 6-0 atas Brunei Darussalam. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Selaras dengan pernyataan Shin Tae-yong, Ketua Umum PSSI Erick Thohir membenarkan bahwa Shayne Pattynama tengah menghabiskan waktu di Belanda dengan alasan masalah kesehatan sang ibu. 

Walau begitu berdasarkan informasi yang diterima Ketum PSSI, pesepak bola berusia 25 tahun akan kembali bergabung dengan Timnas Indonesia setidaknya 1-2 hari jelang pertandingan pertama di Piala Asia 2023. 

"Shayne sudah bergabung, tetapi waktu itu ibunya kurang sehat jadi dia menemani ibunya (di Belanda)," ucap Erick Thohir saat ditemui awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (8/1/2024). 

"Saya rasa (kita) wajib mendukung (Shayne). Tentu, kita menunggu kapan dia akan bergabung lagi. Infonya, kalau tak ada perubahan, 1-2 hari sebelum pertandingan Piala Asia dimulai," sambung sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu.

Shin Tae-yong Segera Tetapkan Skuad Final

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai laga uji coba melawan Libya pada 2 dan 5 Januari 2024 merupakan sarana buat pihaknya mengukur sekaligus mengontrol kondisi pemain jelang tampil dalam kompetisi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Sekadar informasi, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sebelumnya telah menetapkan 26 pemain yang akan memperkuat skuad Garuda di ajang Piala Asia 2023. Dari daftar tersebut, nama Adam Alis dan Arkhan Fikri tidak dimasukkan. 

Akan tetapi, belakangan terungkap duo penggawa masih ikut dalam rombongan Timnas Indonesia yang bertolak ke Qatar. Juru taktik asal Korea Selatan memaparkan, pihaknya memang masih berpeluang mengutak-atik daftar nama pemain hingga selepas laga uji coba melawan Iran. 

"Memang sudah dirilis 26 pemain tetapi 28 pemain tetap akan dibawa ke Doha," ucap Shin Tae-yong dalam video yang dirilis akun Timnas Indonesia. 

"Kepastiannya akan ditentukan tanggal 10 Januari, setelah lawan Iran, jadi ya memang secara regulasi 6 jam sebelum pertandingan dimulai bisa dipastikan dan bisa diganti juga pemain-pemainnya," sambung dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Penyerang AS Roma, Romelu Lukaku berebut bola dengan bek Atalanta Berat Djimsiti dalam laga Serie A 2023/2024 giornata 19 di Olimpico, Senin (8/1/2024) dini hari WIB. (AP Photo/Andrew Medichini)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita