2 Petugas VAR asal Thailand Sahkan Gol Offside Irak, Tak Rela Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023? By Okezone

 

2 Petugas VAR asal Thailand Sahkan Gol Offside Irak, Tak Rela Timnas Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia 2023?

By Okezone
bola.okezone.com
July 13, 2014

PETUGAS Video Assistant Referee (VAR) asal Thailand mengesahkan gol offside Irak ke gawang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Apakah ini pertanda Thailand tak rela Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023?

Senin 15 Januari 2024 malam WIB, Timnas Indonesia bersua Irak di matchday pertama Grup D Piala Asia 2023. Hasilnya, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong kalah 1-3 dari Irak.

(Wasit asal Uzbekistan Ilgiz Tantashev saat memimpin laga Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023. (Foto: REUTERS)

Gol kedua Irak yang menyebabkan Singa Mesopotamia –julukan Irak– unggul 2-1 atas Timnas Indonesia menyulut kontroversi. Sebab, sebelum Osama Jabbar Shafeeq Rashid membobol gawang Timnas Indonesia memanfaatkan bola rebound, penyerang Irak Mohanad Ali lebih dulu terjebak offside.

Wasit asal Uzbekistan yang memimpin pertandingan, Ilgiz Tantashev, sempat berkomunikasi dengan petugas Video Assistant Referee (VAR) yang ada di studio. Ilgiz Tantashev meminta untuk mengecek siaran ulang apakah telah terjadi offside sebelum terciptanya gol kedua Irak.

(Mohanad Ali jelas berada dalam posisi offside)

Namun, setelah dilakukan pengecekan, Ilgiz Tantashev mengesahkan gol tersebut. Padahal, terlihat jelas dalam siaran ulang, Mohanad Ali berada di posisi offside!

BACA JUGA:

Dalam laga semalam, ada tiga orang yang bekerja sebagai petugas VAR. Mereka ialah Salman Ahmad Falahi (Qatar) yang bertugas sebagai pemimpin. Kemudian, ada Sivakorn Pu-Udom yang bertugas sebagai Assistant Video Assistant Referee atau AVAR1.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kemudian, ada Rawut Nakarit yang bertugas sebagai Reserve AR. Reserve AR adalah asisten wasit tambahan yang bertugas membantu asisten wasit utama (AR) dalam sistem VAR. Karena itu, ada dua wasit asal Thailand yang mengawasi VAR dalam laga semalam.

Apakah mereka membawa sentimen rivalitas Timnas Indonesia dan Thailand ke dalam laga semalam? Hanya mereka yang tahu jawabannya.

Satu hal yang pasti akibat gol tersebut, Timnas Indonesia ketinggalan 1-2 di akhir babak pertama. Pada akhirnya, Timnas Indonesia pun tumbang 1-3 dari Irak di laga pertama Grup D Piala Asia 2023.

BACA JUGA:

Selanjutnya Timnas Indonesia menghadapi Vietnam di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 pada Jumat, 19 Januari 2024 malam WIB. Timnas Indonesia wajib menang atas Vietnam jika ingin membuka peluang lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek