Singapura Sebut Surat Niat Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025 Bersama Indonesia Sudah Diserahkan ke FIFA - Tempo

Singapura Sebut Surat Niat Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2025 Bersama Indonesia Sudah Diserahkan ke FIFA

Editor

Senin, 4 Desember 2023 16:00 WIB

  • Timnas Uruguay U-20 menjuarai Piala Dunia U-20 2023. REUTERS/Agustin MarcarianBagikan

  • image social
  • image social
  • image social
  • image social
Iklan

TEMPO.COJakarta - Indonesia dan Singapura telah bersama-sama menyampaikan minat mereka kepada FIFA untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia U-17 atau Piala Dunia U-20 pada 2025 atau setelahnya.  

Iklan

Seperti dilansir The Straits Times, Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS) mengumumkan dalam pernyataan pers pada Senin, 4 Desember 2023, bahwa mereka telah menandatangani surat niat untuk membahas dan mempertimbangkan menjadi tuan rumah bersama turnamen kelompok umur edisi mendatang dengan PSSI.

Baca Juga:

“Surat kesepakatan ini telah diserahkan ke FIFA. Letter of Intent ini masih bersifat penjajakan pada tahap ini, dan tawaran tersebut, jika ada, perlu dikembangkan lebih lanjut dengan FIFA, PSSI, dan untuk mencapai konsensus dengan lembaga-lembaga di Singapura,” demikian bunyi pernyataan FAS tersebut.

Web-Banner-kisi2-majalah-4-Des

Negara tuan rumah secara otomatis akan lolos ke turnamen tersebut. Artinya, jika tawaran Singapura dan Indonesia diterima oleh badan sepak bola dunia itu, Singapura akan berkompetisi di turnamen remaja FIFA untuk pertama kalinya.

Tim sepak bola Singapura terakhir kali tampil dalam turnamen tingkat tinggi di Youth Olympic Games perdana yang diadakan di negaranya pada 2010. Saat itu, timnas U-15 Singapura merebut hati para penggemarnya dalam perjalanan mereka meraih medali perunggu.

Baca Juga:

Pembicaraan bersama terbaru antara Singapura dan Indonesia terjadi setelah pengumuman sebelumnya oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir pada Oktober lalu bahwa Indonesia ingin menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034 bersama Australia, Malaysia, dan Singapura. Tawaran tersebut tidak terwujud dan Arab Saudi menjadi satu-satunya negara yang mengajukan penawaran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Surakarta, Indonesia berlangsung mulai 10 November dan berakhir pada 2 Desember dengan Jerman menjadi juaranya.

Keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia U-20 2025 telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Senin, 5 November 2023. "Saya yakin Indonesia dan Singapura akan menjadi tuan rumah yang baik," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan declaration of interest bersama Singapura dan FIFA terkait pengajuan ini sudah diteken. Namun Presiden mau membeberkan persiapannya karena masih dalam proses. "Kita selesaikan 22 stadion sepak bola kita," ujar Jokowi.

THE STRAITS TIMES | DANIEL A. FAJRI

LAPORAN UTAMA

LAPORAN NASIONAL

Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

Berita Timnas Indonesia: Justin Hubner Bakal Ambil Sumpah WNI pada Rabu 6 Desember

48 menit lalu

Aksi pemain timnas Indonesia, Justin Hubner dalam laga persahabatan Timnas U-20 melawan Prancis di Pinatar Arena, Spanyol, Jumat, 18 November 2022. Indonesia menurunkan dua calon pemain naturalisasi Justin Hubner dan Ivar Jenner. Dok. PSSI

Timnas Indonesia akan kembali mendapatkan tenaga baru lewat Justin Hubner. Sekjen PSSI Yunus Nusi mengonfirmasi kabar pengambilan sumpah WNI.

BYD Atto 3, Mobil Listrik yang Diisukan Bakal Masuk Indonesia

2 jam lalu

BYD Atto 3. (Carscoops)

Produsen mobil listrik Cina BYD dikabarkan bakal memasuki pasar otomotif Indonesia dalam waktu dekat. Benarkah akan bawa mobil listrik BYD Atto 3?

Jokowi Klaim Aksi Tanam Pohon Langkah Konkret Hadapi Perubahan Iklim

4 jam lalu

Presiden Jokowi menan pohon bersama warga dan pelajar di Embung Anak Munting, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa, 5 Desember 2023. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi menyebut kegiatan penanaman pohon tersebut akan terus dilakukan secara bersama-sama di seluruh Tanah Air.

8 Kampus Terbaik di Singapura Versi EduRank 2023, Ada Kampus Anaknya Jokowi

6 jam lalu

Taman Merlion, Singapura. REUTERS/Edgar Su/File Photo

Daftar kampus terbaik di Singapura versi EduRank 2023

PSSI Optimistis Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Akan Angkat Prestasi Timnas Indonesia

1 hari lalu

Nathan Tjoe A-Oen. Instagram

PSSI optimistis naturalisasi terhadap dua pesepakbola asal Belanda, Jay Noah Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, akan mengangkat prestasi Timnas Indonesia.

Kasus Covid-19 Meningkat di Singapura, Menkes Budi Pesan Hal Ini

1 hari lalu

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan pemaparan saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 7 November 2023. Rapat tersebut membahas isu faktual Penanganan korban Gangguan Ginjal Akut (GGAPA), penanganan penyakit menular di Indonesia seperti dengue, tuberkulosis, monkey pox, hepatitis, dan penanganan penyakit tidak menular seperti kesehatan jiwa, diabetes, dan kanker, serta penanganan beberapa kasus malpraktik di rumah sakit. TEMPO/M Taufan Rengganis

Kasus Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan di Singapura, merujuk pada kondisi tersebut pemerintah Indonesia melalui Menteri Kesehatan mengimbau masyarakat tetap waspada.

Berita Timnas Indonesia: Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Disetujui Komisi X DPR

1 hari lalu

Ketua Umum Erick Thohir dan pemain asal Belanda Jay Idzes (kiri) berfoto bersama di Jakarta, Rabu, 6 September 2023. (ANTARA/Humas Erick Thohir)

Naturalisasi pemain keturunan Belanda, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, disetujui oleh Komisi X DPR RI.

Terkini: Anies Baswedan Janji Permudah KPR, Gibran Tawarkan Dana Abadi Pesantren

1 hari lalu

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berswafoto bersama relawan seusai kampanye di Gor Gondrong, Cipondoh, Kota Tangerang, Sabtu 2 Desember 2023. Acara tersebut dihadiri ribuan relawan se-Kota Tangerang dari partai pengusung pasangan Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin

Berita terkini: Anies Baswedan menjanjikan akan mempermudah Kredit Perumahan Rakyat (KPR), Gibran menjanjikan dana abadi pesantren.

PLN Gandeng GEAPP Kembangkan Infrastruktur Kendaraan Listrik di Indonesia

1 hari lalu

GEAPP akan memberikan bantuan teknis kepada PLN dalam mencapai komitmen net zero. (Dok PLN)

PLN bekerja sama dengan GEAPP dalam memajukan transisi energi di Indonesia, termasuk memcepat era kendaraan listrik.

Menpora: Selain Piala Dunia U-20 2025, Indonesia Juga Berusaha Jadi Tuan Rumah 4 Ajang Internasional Lain

1 hari lalu

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Menpora Dito Ariotedjo (kanan) mengumumkan bidding atau pengajuan Indonesia untuk tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 edisi 2025 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Senin, 4 Desember 2023. PSSI

Menpora Dito Ariotedjo menyatakan, selain Piala Dunia U-20 2025, Indonesia juga berusaha menjadi tuan rumah 4 Ajang internasional lain.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek