Resmi! Sir Jim Ratcliffe Akuisisi 25 Persen Saham Manchester United, Langsung Suntik Dana Segar ke Klub - suara

 

Resmi! Sir Jim Ratcliffe Akuisisi 25 Persen Saham Manchester United, Langsung Suntik Dana Segar ke Klub

Suara.com - Secercah harapan muncul di tengah awan kelam yang menaungi Manchester United musim ini akibat performa buruk tim sepanjang musim. Sir Jim Ratcliffe resmi mengakuisisi 25 persen saham klub raksasa Inggris itu dari Keluarga Glazer.

Dilansir dari laman resmi Manchester United, Sabtu (24/12) malam WIB, Sir Jim Ratcliffe, bos perusahaan kimia INEOS dan orang terkaya di Inggris saat ini, mengambil alih 25 persen saham Manchester United dan punya kesempatan untuk mengakuisisi 25 persen lagi dalam beberapa waktu ke depan.

Kehadiran Sir Jim Ratcllife sebagai investor baru pun sekaligus langsung memberikan dana segar mencapai USD300 juta (sekira Rp4,6 triliun) untuk investasi masa depan Manchester United.

Sebagai bagian dari transaksi, INEOS telah menerima permintaan dari board Manchester United untuk bertanggung jawab penuh pada pengelolaan operasional sepak bola klub.

Ya, Sir Jim Ratcliffe akan berwenang penuh pada aspek sepak bola Manchester United, bukan di sisi bisnis.

Pria berusia 71 tahun asli Inggris itu akan punya power untuk memilih manajer Manchester United, direktur olahraga atau direktur olahraga dan jabatan-jabatan krusial lainnya.

Ini juga mencakup semua aspek operasional dan akademi sepak bola pria dan wanita Manchester United. Sir Jim juga otomatis mendapat kursi di board Manchester United PLC dan di board Manchester United FC.

Menanggapi kedatangan Sir Jim, Co-Chairmen dan Direktur Eksekutif Manchester United, Avram Glazer dan Joel Glazer mengatakan: "Kami sangat senang telah menyetujui kesepakatan ini dengan Sir Jim Ratcliffe dan INEOS."

"Sebagai bagian dari tinjauan strategis yang kami umumkan pada November 2022, kami berkomitmen untuk mencari berbagai alternatif untuk membantu mengembangkan Manchester United, dengan fokus memberikan kesuksesan bagi tim pria, wanita, dan akademi kami."

"Sir Jim dan INEOS membawa banyak pengalaman komersial serta komitmen finansial yang signifikan ke dalam klub. Dan melalui INEOS Sport, Manchester United akan memiliki akses terhadap para profesional berpengalaman dengan performa tinggi, berpengalaman dalam menciptakan dan memimpin tim elite baik dari dalam maupun luar permainan."

"Manchester United memiliki orang-orang berbakat di klub dan keinginan kami adalah untuk selalu berkembang di setiap level untuk membantu membawa lebih banyak kesuksesan bagi penggemar hebat kami di masa depan."

Sementara itu, Sir Jim Ratcliffe mengatakan: "Sebagai warga lokal dan pendukung setia klub, saya sangat senang bahwa kami dapat menyetujui kesepakatan dengan board Manchester United yang mendelegasikan tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola kepada kami."

Sir Jim Ratcliffe. [Valery HACHE / AFP]
Sir Jim Ratcliffe. [Valery HACHE / AFP]

"Meskipun kesuksesan komersial klub telah memastikan bahwa selalu ada dana yang tersedia untuk memenangkan trofi di level tertinggi, potensi ini belum sepenuhnya terbuka dalam beberapa waktu terakhir," sambung sang konglomerat di laman resmi Manchester United, Minggu (24/12).

"Kami berada di sini untuk jangka panjang dan menyadari bahwa banyak tantangan dan kerja keras terbentang di depan, yang akan kami hadapi dengan ketelitian, profesionalisme, dan semangat."

"Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua orang di klub – board, staf, pemain, dan penggemar – untuk membantu memajukan klub."

"Ambisi kami bersama jelas: kami semua ingin melihat Manchester United kembali ke tempat kami berada, di puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia," tandas Sir Jim Ratcliffe.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita