Pencapaian Hebat Vidio, OTT untuk Tayangan Premier League Memiliki Jumlah Subscriber Terbanyak di Indonesia - Bolacom

 

Pencapaian Hebat Vidio, OTT untuk Tayangan Premier League Memiliki Jumlah Subscriber Terbanyak di Indonesia

oleh Hendry Wibowo diperbarui 21 Des 2023, 09:51 WIB
Vidio logo
Vidio, sebuah platform Over-The-Top (OTT) terkemuka karya anak bangsa. (Istimewa)

Advertisement

Bola.com, Jakarta - Vidio kembali meraih catatan positif. Terbaru laporan akhir tahun 2023 Media Partners Asia (MPA) Asia Pacific Video & Broadband Industry 2024 menempatkan kembali Vidio sebagai platform OTT dengan subscriber yang paling banyak di Indonesia.

Vidio berhasil mengalahkan platform OTT global dan regional termasuk Netflix, Viu plus Disney +Hotstar. Vidio menjadi satu-satunya OTT yang menembus 4 juta pelanggan.

Advertisement

Keberhasilan ini patut untuk menjadi catatan tersendiri, karena Vidio merupakan satu-satunya platform OTT lokal yang mampu mematahkan dominasi OTT Regional dan Global sebagai OTT dengan jumlah subscriber terbesar di seluruh negara di Asia, kecuali di Cina.

Vidio adalah OTT yang memiliki keragaman konten yang paling lengkap mulai dari premium sports, local original series, drama korea, film dan serial hollywood, kids, hingga anime.

Vidio juga dikenal dengan julukan “home of sports” dengan konten olahraga lokal seperti: BRI Liga 1, Proliga, Livoli, hingga konten olahraga internasional seperti: Premier League, NBA, UEFA Champions League, Serie A, La Liga, Olimpiade, hingga FIFA World Cup Qatar 2022 dan yang terbaru FIFA U-17 World Cup di mana Indonesia berstatus tuan rumah.

2 dari 4 halaman

Komentar Sutanto Hartono

Foto: Resmi, SCM Jadi Official Broadcaster Piala Dunia U-20 2023 dan Akan Siarkan Seluruh 52 Pertandingan
Sutanto Hartono (kanan) bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sebagai penyedia tontonan sports dengan jumlah peminat yang sedemikian besarnya, Vidio juga memiliki infrastruktur untuk mendukung jutaan penonton yang datang untuk berlangganan paket dan menontonsecara bersamaan mulus tanpa hambatan.

Vidio melihat masyarakat Indonesia paling dominan mengkonsumsi konten lokal. Halini terbukti dengan film atau series Indonesia yang semakin dominan.

Vidio pun memproduksi 21 judul original series, jumlah terbanyak diantara semua OTT yang ada di Indonesia sepanjang tahun 2023.

Open BO, Pertaruhan The Series Season 2dan Merajut Dendam yang secara total telah ditonton lebih dari 43 juta kali.

"Keberhasilan Vidio untuk dapat mengalahkan dominasi OTT global dan regional sebagai OTT dengan subscriber terbanyak di Indonesia, merupakan bukti bahwa bangsa Indonesia mampu untuk bersaing dengan pemain kelas dunia," Sutanto Hartono CEO Vidio mengatakan. 

"Dengan teknologi yang dibangun di dalam negeri dan kemampuan menyajikan ragam konten yang memang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia." 

"Vidio berkomitmen menjadi platform OTT yang mengalokasikan investasi terbesar dalam mengembangkan konten lokal sebagai tulang punggung pertumbuhan Vidio ke depan." 

"Konten lokal ini menjadi pendorong bagi pelanggan untuk terusdatang ke platform Vidio. Komitmen ini kami harap bisa turut mendukungpertumbuhan industri konten Indonesia sehingga suatu saat akan mampu untukmenembus pasar internasional”, pungkasnya.

Advertisement

3 dari 4 halaman

Potensi OTT Sangat Menjanjikan

Sementara itu, potensi berkembangnya OTT di Indonesia bahkan Asia Tenggara sangat menjanjikan. Vidio menargetkan populasi yang sangat besar, Indonesia dengan 270 juta penduduk dan Asia Tenggara dengan hampir 690 juta penduduk.

Menurut Media Partners Asia, total pelanggan berbayar OTT pada Q3 2023 di Indonesia berjumlah 21 juta dan di Asia Tenggara sebanyak 48 juta.

Dengan penetrasi OTT berbayar kurang dari 10 persen total populasi, peluang bertumbuh cukup signifikan dan menunjukan Vidio membangun basis pelanggan dari jumlah masyarakat yang sangat masif.

"Setelah melemah pada Q2 2023, pasar SVOD Indonesia telah pulih dengan permintaan yang lebih berkelanjutan berkat konten olahraga, lokal, dan Korea," ujar Vivek Couto, CEO Media Partners Asia.

"Konten olahraga dan lokal tetap menjadi mesin utama bagi Vidio yang telah memimpin pertumbuhan kategori pada Q4 tahun 2023 dan diperkirakan akan tumbuh dengan pesat pada tahun 2024 dengan keseluruhan kategori diperkirakanakan menambah 1,3 - 1,4 juta pelanggan baru pada tahun 2024," lanjutnya. 

Baca Juga

Komentar

Opsi Arena

 Pusatin Sports 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita