Liga Super Eropa Kembali?! FIFA & UEFA Siap-Siap Gigit Jari - Goal Indonesia

 

Liga Super Eropa Kembali?! FIFA & UEFA Siap-Siap Gigit Jari

Super League Florentino Pérez Joan Laporta
Artikel dilanjutkan di bawah ini
  • Putusan pengadilan menguntungkan Liga Super Eropa
  • Menyatakan pelarangan kompetisi baru adalah melanggar hukum
  • Kabar ini menjadi pukulan bagi FIFA dan UEFA
  • APA YANG TERJADI?

    Pengadilan Eropa (EJC) telah menyampaikan keputusannya mengenai usulan Liga Super Eropa dan memberikan pukulan telak kepada FIFA dan UEFA. ECJ telah menyatakan bahwa pelarangan pembentukan kompetisi ini bertentangan dengan hukum UE, dan berpotensi membuka jalan bagi kebangkitan kembali kompetisi tersebut.

  • APA KATA EJC?

    Keputusan tersebut menyatakan bahwa ketika menyangkut potensi kompetisi baru, baik FIFA dan UEFA harus memastikan kekuasaan mereka “transparan, objektif, tidak diskriminatif dan proporsional”.

    ECJ melanjutkan dengan menambahkan: "Namun, kekuasaan FIFA dan UEFA tidak tunduk pada kriteria tersebut. Oleh karena itu, FIFA dan UEFA menyalahgunakan posisi dominan mereka."

    “Selain itu, mengingat sifatnya yang sewenang-wenang, peraturan mengenai persetujuan, pengendalian dan sanksi harus dianggap sebagai pembatasan yang tidak dapat dibenarkan terhadap kebebasan memberikan layanan."

    "Itu tidak berarti bahwa kompetisi seperti proyek Liga Super harus disetujui. Pengadilan tidak memutuskan proyek spesifik tersebut dalam penilaiannya."

  • Laporta Perez
    Getty Images

    SEJARAH LIGA SUPER EROPA

    Dua belas klub mengumumkan pembentukan Liga Super Eropa pada bulan April 2021 tetapi dengan cepat proyek itu kolaps ketika tim-tim mengundurkan diri di tengah kritik besar dan protes penggemar. Raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid tetap menjadi dua klub yang mendukung rencana tersebut tetapi kini rencana tersebut dapat dihidupkan kembali setelah keputusan ECJ.

    A22, perusahaan di balik proyek awal, mengatakan mereka telah "memenangkan hak untuk bersaing" dalam sebuah postingan di media sosial setelah keputusan tersebut diumumkan.

  • European-Super-League-Protests
    Getty

    APA SELANJUTNYA?

    Masih harus dilihat apakah keputusan ECJ akan membuka jalan bagi kembalinya peluang Liga Super bisa berlanjut. Fans sangat vokal dalam protes mereka terhadap usulan pemisahan diri dari liga dan ada kritik dari semua pihak. Memang manajer Liverpool Jurgen Klopp tidak merahasiakan fakta bahwa dia menentang rencana tersebut yang masih menghadapi tentangan besar meski pun ada keputusan hari ini.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita