Klasemen BWF World Tour Finals 2023 - Satu Nasib Gregoria dan An Se-young, Kompak Merana Sebelum Saling Terkam - Bolasport

 

Klasemen BWF World Tour Finals 2023 - Satu Nasib Gregoria dan An Se-young, Kompak Merana Sebelum Saling Terkam

By Wahid Fahrur Annas, Rabu, 13 Desember 2023 | 12:05 WIB
Gestur tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, saat tampil pada fase grup BWF World Tour Finals 2023 di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, 13 Desember 2023. Gestur tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, saat tampil pada fase grup BWF World Tour Finals 2023 di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, 13 Desember 2023. (RAPHAEL SACHETAT/BADMINTON PHOTO)

BOLASPORT.COM - Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, harus menelan kekalahan pada pertandingan perdananya di BWF World Tour Finals 2023.

Langkah Gregoria Mariska Tunjung untuk lolos ke semifinal BWF World Tour Finals 2023 menjadi lebih berat setelah menelan kekalahan dari wakil Taiwan, Tai Tzu Ying.

Gregoria harus mengakui keunggulan juara turnamen Finals tiga kali itu pada laga kedua dari Grup A di sektor tunggal putri.

Pertandingan yang dihelat di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, Rabu (13/12/2022), selesai dengan skor 21-18, 21-17 untuk kemenangan Tai Tzu Ying.

"Bisa dibilang main saya kurang lepas hari ini," kata Gregoria dalam keterangan resmi dari PBSI.

"Selain Tai Tzu Ying yang bermain bagus, saya rasa saya bermain terlalu hati-hati dan terlalu banyak berpikir mau main seperti apa untuk mencari celah lawan."

"Itu kelihatan dari beberapa momen ketika harusnya saya sudah melakukan finishing, malah jadi ragu-ragu terus. Hal kecil seperti ini yang berdampak besar di pertandingan tadi."

Dengan demikian, Gregoria tentunya dituntut untuk menang pada pertandingan berikutnya jika ingin menjaga kans lolos.

Pasalnya, kekalahan lainnya akan membuat langkah Gregoria makin berat dan bahkan terancam tersingkir duluan.

Peluang Gregoria makin berat karena pemain non-unggulan lainnya justru membuat kejutan.

Kontestan pengganti di BWF World Tour Finals, Kim Ga-eun (Korea Selatan), mengalahkan rekan senegara yang menjadi unggulan pertama yaitu An Se-young.

An Se-young dipaksa menyerah oleh seniornya di pelatnasnya Korea, juga dalam dua gim langsung, dengan skor 18-21, 18-21.

Baca Juga: Hasil BWF World Tour Finals 2023 - 2 Kali Momentum Rusak, Gregoria Hampir Pecah Telur dari Eks Pemain No 1

An Se-young sendiri tampak belum berada di kondisi fit 100 persen.

Ratu bulu tangkis itu sempat absen 1 bulan lebih karena mengalami cedera lutut saat tampil di final Asian Games Hangzhou 2022.

Setelah itu, An baru tampil pada dua turnamen yakni Kumamoto Masters dan China Masters 2023 dengan hasil masing-masing adalah semifinal dan babak kedua.

Tunggal putri Korea Selatan, An Se-young, saat tampil pada fase grup BWF World Tour Finals 2023 di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, 13 Desember 2023. Tunggal putri Korea Selatan, An Se-young, saat tampil pada fase grup BWF World Tour Finals 2023 di Hangzhou Olympic Sports Centre Gymnasium, Hangzhou, China, 13 Desember 2023. (YOHAN NONOTTE/BADMINTON PHOTO)

Dengan demikian, An mendapatkan tekanan yang sama dengan Gregoria yaitu wajib menang pada laga kedua untuk menjaga asa.

Persaingan makin sengit karena kedua pemain berpeluang untuk bertemu pada pertandingan berikutnya.

Melihat urutan pertandingan, An Se-young selaku pemain dengan peringkat unggulan teratas di grup dijadwalkan menghadapi Gregoria yang menempati peringkat tiga di laga kedua.

Gregoria sendiri belum pernah menang atas An Se-young dalam lima pertandingan.

Meski begitu, saat bertemu di BWF World Tour Finals 2022, Gregoria dapat menyulitkan An Se-young walau penyakit hilang fokus menjegalnya sendiri di gim ketiga.

Di tabel klasemen sementara, Gregoria berada di posisi juru kunci usai kalah dalam selisih poin pertandingan dari An Se-young.

"Di pertandingan selanjutnya, saya harus lebih tenang lagi," kata Gregoria.

REKAP TUNGGAL PUTRI GRUP A BWF WORLD TOUR FINALS 2023

Rabu (13/12/2023)

Hasil Pertandingan

Gregoria Mariska Tunjung (Indonesia) vs Tai Tzu Ying 18-21, 17-21

An Se-young (Korea Selatan) vs Kim Ga-eun (Korea Selatan) 18-21, 18-21

Klasemen

PosPemainPoinMainM-KSGSP
1Tai Tzu Ying111-02-042-35
2Kim Ga-eun111-02-042-36
3An Se-young011-00-236-42
4Gregoria M. Tunjung011-00-235-42
Keterangan:
M-K: selisih menang dan kalah
SG: selisih gim menang dan kalah
SP: selisih poin pertandingan

Baca Juga: BWF World Tour Finals 2023 - Unggul Rekor Pertemuan, Apriyani/Rahayu Tetap Siaga Upaya Revans Ganda Putri Jepang

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek