Jokowi Sebut FIFA Puji Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia - Beritasatu

Jokowi Sebut FIFA Puji Penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia

Senin, 4 Desember 2023 | 18:48 WIB
Penulis: Bella Evanglista Mikaputri | Editor: DIN
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (BPMI Setpres)

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo memuji kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Tak hanya itu, ia mengatakan penyelenggaraan ini juga dipuji oleh FIFA dan sekaligus menjadi citra baik bagi Indonesia di mata dunia.

ADVERTISEMENT

"Alhamdulillah, pada 2 Desember 2023 lalu World Cup U-17 telah diselenggarakan dengan sukses dan baik dan ini sangat diapresiasi oleh FIFA sebagai salah satu event terbaik. Pencapaian ini merupakan kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia dan berdampak positif bagi persepsi citra Indonesia di mata dunia," kata Jokowi saat ditemui di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Senin (4/12/2023).

Presiden juga menegaskan bahwa kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 turut mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. Oleh karena itu, Jokowi meminta PSSI dan Kemenpora untuk menjajaki penyelenggaraan Piala Dunia U-17 dan U-20 di 2025.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

"Ini juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di negara kita. Oleh sebab itu saya telah memerintahkan kepada PSSI dan Kemenpora untuk menjajaki penyelenggaraan piala U-20 dan U-17 untuk tahun 2025 sampai 2029 dan bidding bersama-sama dengan Singapura. Saya yakin Indonesia dan Singapura akan dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk kedua turnamen yang tadi saya sampaikan, yaitu U-17 dan U-20," lanjut Jokowi.

Meskipun Timnas Indonesia U-17 gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023, Presiden mengatakan bahwa Indonesia belum terlambat untuk membangun masa depan sepak bola.

"Semuanya kan perlu proses tidak bisa instan, kemudian jadilah itu juara. Paling baik, semakin banyak ikut kompetisi di tingkat dunia, baik U-17 atau U-20 kita sehingga ini akan membangun masa depan sepak bola Indonesia. Bukan untuk sekarang, tetapi sekali lagi semakin banyak kita mengikuti kompetisi akan semakin baik," ujarnya.

BACA JUGA

Terkait evaluasi mengenai fasilitas stadion dan persiapan bidding dengan Singapura, Presiden mengatakan nantinya akan ada renovasi untuk 22 stadion bola dan penandatanganan declaration of interest pun telah dilakukan oleh PSSI dan Asosiasi Sepak Bola Singapura.

"Kita dalam proses dan akan kita selesaikan renovasi untuk 22 stadion sepak bola kita dalam rangka persiapan ke sana. Proses declaration of interest juga sudah ditandatangani oleh PSSI dan Football Association of Singapore. Semuanya sudah," pungkas Jokowi.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek