Jika Jadi Digelar, Seperti Ini Format European Super League Nantinya - bolanet

 Diperbarui: 21 Desember 2023, 20:13 WIB

Unknown author

Jika Jadi Digelar, Seperti Ini Format European Super League Nantinya
Jika Jadi Digelar, Seperti Ini Format European Super League Nantinya
Ilustrasi European Super League (c) Photo by Thomas Serer on Unsplash

Bola.net - Ide digelarnya European Super League (ESL) ternyata belum meredup dan ada kans kompetisi itu mungkin akan segera digelar.

Sebelumnya, klub-klub top Eropa menelurkan sebuah ide untuk menggelar kompetisi elit. Kompetisi ini di luar kalender UEFA.

Kompetisi itu nantinya akan menjadi pesaing Liga Champions. UEFA tentu saja kebakaran jenggot dan tak mengizinkan kompetisi itu digelar.

Kompetisi itu juga mendapat tentangan dari para suporter. Seiring dengan mundurnya dukungan dari klub-klub top Eropa, ESL pun tampaknya tak bakal bisa digelar.

Agar kamu tidak ketinggalan informasi terbaru seputar Liga Champions, kamu bisa join di Channel WA Bola.net dengan KLIK DI SINI.

1 dari 4 halaman

Menang di Pengadilan

Ide digelarnya European Super League itu masih dipertahankan oleh dua tim tersisa yakni Real Madrid dan Barcelona. Sebelumnya masih ada Juventus tapi mereka sudah menyatakan mundur.

Juve mundur karena terancam disanksi tak bisa ikut kompetisi di Eropa. Madrid dan Barca tak menyerah meski tinggal berdua saja.

Mereka mengajukan gugatan ke European Court of Justice. Dan ternyata usaha mereka membuahkan hasil.

Pihak pengadilan memenangkan gugatan yang dilayangkan pada UEFA dan FIFA itu. Kedua organisasi itu disebut tak berhak melakukan monopoli dalam sepak bola.

2 dari 4 halaman

Format European Super League

Saat ini memang belum jelas kapan Europan Super League digelar. Namun sudah ada bocoran terkait format kompetisi itu, seperti yang dilansir Fabrizio Romano.

Ia mengatakan ada 64 tim yang berpartisipasi di ESL. Mereka nantinya terbagi ke dalam tiga divisi; Star (Bintang), (Gold) Emas, dan (Blue) Biru.

Divisi Star adalah divisi tertinggi sementara Divisi Blue adalah divisi terbawah. Divisi Gold berada di antara keduanya.

Tiap tim nantinya akan bermain sebanyak 14 kali per musimnya. Rinciannya, tujuh kali laga kandang dan tujuh kali laga tandang. Nantinya ESL akan menerapkan sistem promosi dan degradasi.

3 dari 4 halaman

Penjelasan Lebih Lanjut

Sementara itu El Chiringuito TV merilis penjelasan lebih rinci terkait format kompetisi European Super League. Operator sekaligus investor kompetisi itu yakni A22 Sports menjelaskan Kompetisi ESL bersifat terbuka.

Kompetisi di divisi Star akan berisi 16 tim. Tim-tim itu dibagi ke dalam dua grup yang masing-masing berisi delapan tim.

Format yang sama juga diterapkan di divisi Gold. Namun tidak demikian dengan divisi Blue.

Di sini akan ada 32 tim yang berpartisipasi. Nantinya para peserta itu akan dibagi ke dalam empat grup yang masing-masing berisi delapan tim.

Nantinya semua tim itu akan berpartisipasi dalam fase liga yang digelar mulai September sampai bulan April. Seperti disebut sebelumnya tiap tim akan bermain sebanyak 14 kali.

Nantinya empat tim teratas dari tiap grup di divisi Star dan Gold plus dua tim teratas dari tiap grup di divisi Blue akan mendapat tiket masuk ke babak knockout di fase perempat final. Pertandingan di babak perempat final dan semifinal nanti akan digelar dalam dua leg dengan skema home & away.

Kemudian babak final akan digelar di tempat netral. Tim-tim yang menang nantinya jadi juara di tiap-tiap divisi.

4 dari 4 halaman

Promosi dan Degradasi

Turnamen ini juga menggunakan format promosi dan degradasi. Nantinya tim-tim yang ada di dasar divisi Star akan terdegradasi ke divisi Gold.

Sementara tim-tim teratas dari divisi Gold akan mendapatkan jatah promosi ke divisi Star. Sementara itu tim-tim terbawah dari divisi Emas juga akan terdegradasi ke divisi Blue.

Posisi kosong di divisi Gold nantinya akan diisi oleh finalis dari divisi Blue. Bagaimana dengan tim-tim terbawah di divisi Biru?

Hukumannya lebih kejam. 20 tim terbawah akan terdepak dari European Super League dan digantikan 20 tim baru. Tim-tim yang bisa masuk ke ESL ini nantinya dinilai berdasarkan performa mereka di kompetisi domestik.

Menariknya kompetisi ESL ini direncanakan akan digelar tengah pekan. Jelasnya itu akan berbenturan dengan kompetisi Liga Champions.

(Fabrizio Romano/EL Chiringuito TV)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita