FIFA Ancam Skorsing Klub dan Timnas Brasil - Beritasatu

 

FIFA Ancam Skorsing Klub dan Timnas Brasil

Selasa, 26 Desember 2023 | 07:44 WIB
Penulis: Iman Rahman Cahyadi | Editor: CAH
Ilustrasi FIFA.
Ilustrasi FIFA. (AFP)

Zurich, Beritasatu.com FIFA mengancam akan memberikan skorsing kepada klub dan Timnas Brasil untuk dilarang main di pentas internasional jika Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) menggelar pemilihan presiden federasi yang baru pada bulan Januari 2024.

ADVERTISEMENT

Peringatan FIFA disampaikan merespons keputusan Pengadilan Rio de Janeiro yang memberhentikan Presiden CBF Ednaldo Rodrigues dan semua orang yang ditunjuknya di federasi pada 7 Desember lalu karena ketidakberesan dalam pemilihannya tahun lalu. 

BERITASATU WA CHANNEL

Ikuti terus berita terhangat dari Beritasatu.com via whatsapp

Dua pengadilan tertinggi di Brasil menguatkan keputusan tersebut pekan lalu.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

Keputusan pengadilan Rio juga menunjuk kepala pengadilan olahraga tertinggi di Brasil, José Perdiz sebagai penengah untuk menyelenggarakan pemilihan presiden baru CBF dalam waktu 30 hari kerja. FIFA menilai keputusan pengadilan tersebut sebagai bentuk intervensi.

FIFA secara historis menolak campur tangan pemerintah dan pihak ketiga dalam asosiasi anggotanya, yang pada akhirnya dapat membuat juara Piala Dunia lima kali, Brasil tidak dapat berpartisipasi dalam kompetisi besar sampai krisis ini diselesaikan.

FIFA dan badan sepak bola Amerika Selatan Conmebol juga mengatakan dalam surat tersebut bahwa mereka akan membentuk sebuah komisi untuk membahas masalah ini di Brasil pada 8 Januari.

BACA JUGA

“FIFA dan Conmebol ingin menekankan dengan tegas bahwa, sampai misi tersebut berlangsung, tidak ada keputusan yang memengaruhi CBF, termasuk pemilihan atau seruan untuk menggelar pemilihan,” tulis FIFA dalam suratnya.

"Jika hal ini tidak dihormati, FIFA tidak akan memiliki pilihan lain selain menyerahkan masalah ini kepada badan pengambil keputusan yang relevan untuk dipertimbangkan dan diputuskan, yang mungkin juga termasuk penangguhan," tambah surat itu.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek