Piala Dunia U-17: Tekuk Iran 2-1, Inggris Pastikan Tiket 16 Besar - Beritasatu

 

Piala Dunia U-17: Tekuk Iran 2-1, Inggris Pastikan Tiket 16 Besar


Penulis: Jaja Suteja | Editor: JAS
Selasa, 14 November 2023 | 21:10 WIB
Penyerang Inggris Joel Ndala (kanan) berebut bola dengan pemain Iran Yaghoob Barajeh (kiri) saat bertanding dalam laga penyisihan grup C Piala Dunia U-17 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Selasa, 14 November 2023.
Penyerang Inggris Joel Ndala (kanan) berebut bola dengan pemain Iran Yaghoob Barajeh (kiri) saat bertanding dalam laga penyisihan grup C Piala Dunia U-17 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Selasa, 14 November 2023. (Antara / Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta, Beritasatu.com - Inggris memastikan tiket 16 besar Piala Dunia U-17 setelah memetik kemenangan kedua dengan menundukkan Iran, 2-1, dalam babak penyisihan grup C, di Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (14/11/2023) malam.

Inggris sempat tertinggal setelah gawang mereka dibobol Abolfazi Ahmadbad pada babak pertama. Pasukan dari Eropa ini berbalik unggul pada babak kedua melalui gol Reiss-Alexander Russell-Denny dan Joel Ndala.

Berkat kemenangan kedua ini, Inggris pun memastikan tiket babak 16 besar. Mereka kini memimpin klasemen grup C dengan raihan enam poin. Brasil menempati posisi kedua dengan tiga poin, setelah dalam pertandingan sebelumnya menang telak 9-0 atas Kaledonia Baru.

Iran berada di posisi ketiga dengan tiga poin. Sementara Kaledonia Baru menjadi juru kunci karena belum meraih poin setelah menelan dua kekalahan dan kebobolan 19 gol. 

Inggris dan Iran memetik kemenangan dalam pertandingan pertama mereka pada Sabtu (11/11/2023) lalu. Iran secara mengejutkan mengalahkan juara bertahan Brasil, 3-2. Sementara Inggris meraih kemenangan telak 10-0 atas Kaledonia Baru.  

Iran memimpin berkat gol Abdolfazi Ahmadabad pada menit ke-31. Gol berawal dari sepak pojok. Salah satu pemain bertahan Inggris mencoba membuang bola. Namun, bola malah memantul ke depan gawang dan langsung disambar Abdolfazi Ahmadabad.

Iran kembali mendapat peluang di pengujung laga pertama. Striker Moredi berhasil melepaskan diri dari kawalan pemain bertahan Inggris, dan melepaskan tendangan. Namun, sepakannya hanya melintas sedikit di atas mistar. Skor 1-0 untuk keunggulan Iran bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Inggris terus berupaya melakukan serangan demi mencetak gol untuk menyamakan skor. Pelatih Greg Lincoln kemudian melakukan pertgantian pada menit ke-59. Dia menarik gelandang Ethan Nwaneri dan Chris Rigga. Keduanya masing-masing digantikan Justin Oboavwoduo dan Reiss-Alexander Russell-Denny. 

Tiga menit setelah menjejakkan kakinya di lapangan, Russell-Denny menjadi pencetak gol Inggris untuk menyamakan kedudukan.   

Inggris mencetak gol yang membuat skor imbang, 1-1, pada menit ke-63. Gol dicetak Russell-Denny. Pemain asal klub Chelsea ini melakukan wall pass dengan Matthew Warhurst.

Setelah bola dikembalikan kepadanya, Russell-Denny lalu melepaskan tendangan menyusur tanah yang tak bisa dijangkau kiper Arsha Shakouri.  

Inggris kembali mendapat peluang pada menit ke-75. Joel Ndala berhasil menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tendangan. Namun, sepakannya melebar ke tiang jauh.

Inggris terus menggempur pertahanan Iran pada menit-menit terakhir. Satu peluang didapatkan Sam Amo-Ameyaw pada menit ke-80. Pemain asal klub Southampton berhasil menusuk ke kotak penalti. Namun, tendangannya melebar dan menggetarkan sisi luar jala gawang Iran.

Inggris mencetak penentu kemenangan melalui aksi Joel Ndala. Pemain bernomor punggung 11 ini berhasil melewati bek Iran. Bola sudah akan diamankan kiper, tetapi Ndala berhasil mencurinya. Pemain Manchester City ini kemudian menendang bola ke arah gawang yang tak bisa dicegah beberapa pemain belakang Iran. Skor 2-1 untuk Inggris bertahan hingga pertandingan usai.

Inggris akan memainkan partai terakhir penyisihan grup C dengan melawan Brasil di JIS pada Jumat (17/11/2023) mulai pukul 19.00 WIB. Pada hari dan waktu yang sama, Iran bertemu Kaledonia Baru di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. 

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita