Pebalap Honda Kecewa Sirkuit Mandalika Dicoret dari WSBK 2024 - detik

Pebalap Honda Kecewa Sirkuit Mandalika Dicoret dari WSBK 2024

Jakarta -

Pebalap Team HRC WSBK, Xavi Vierge, merasa kecewa karena Sirkuit Mandalika tak menyelenggarakan balap WSBK (World Superbike) musim 2024. Xavi menjadi salah satu pebalap kelas dunia yang kagum dengan atmosfer balapan motor di Indonesia. Pebalap asal Spanyol itu pun berharap WSBK bisa kembali hadir di Mandalika pada 2025.

"Ya, dulu saya sudah tahu ada rencana membuat sirkuit baru di Lombok. Ketika melihatnya langsung, saya seolah tidak percaya, sirkuit ini sangat bagus. Akhirnya tahun lalu saya bisa mencoba sirkuit ini pertama kali, saya merasa senang datang ke sini dan sangat menikmatinya," kata Xavi saat acara Meet and Greet pebalap HRC (Honda Racing Corporation) yang diselenggarakan Motul di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Xavi Vierge terbilang berjodoh dengan Sirkuit Mandalika. Soalnya dia tampil cukup impresif di sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) itu. Pada WSBK Mandalika 2022, Xavi finis keenam di race pertama dan di urutan ketujuh di race kedua.

Xavi Vierge Foto: Dok. Honda Racing Corporation

Sementara pada gelaran WSBK Mandalika 2023, performa pebalap jebolan Moto2 itu lebih baik lagi. Di race pertama, Xavi sukses finis di urutan ketujuh, lalu pada race kedua Xavi berhasil naik podium ketiga. Xavi juga mengaku sangat terkesan dengan dukungan masyarakat Indonesia yang menggilai balapan motor.

"Salah satu hal terbaik (saat balapan di Indonesia) tentu saja adalah dukungan dari masyarakat. Meskipun kami dari negara lain, tetapi sebagian besar pendukung yang kami miliki berasal dari sini, dari Indonesia," sambung pebalap yang finis di urutan kesepuluh pada WSBK 2023.

Xavi juga menyinggung Sirkuit Mandalika yang absen menggelar balapan WSBK 2024. Ia berharap Sirkuit Mandalika bisa kembali menggelar balap WSBK secepatnya. "Tentu saja yang terburuk adalah tahun depan kami tidak akan datang (ke Sirkuit Mandalika). Jadi ya, saya sangat sedih untuk itu. Tetapi saya yakin kami bisa segera kembali lagi (ke Sirkuit Mandalika)," tambah pebalap yang ber-partner dengan Iker Lecuona itu.

Penyerahan piala di podium Sirkuit Mandalika untuk tiga rider Alvaro Bautista, Toprak Razgatlioglu, dan Xavi Vierge, Minggu (5/3/2023). Foto: Penyerahan piala di podium Sirkuit Mandalika untuk tiga rider Alvaro Bautista, Toprak Razgatlioglu, dan Xavi Vierge, Minggu (5/3/2023). (Ahmad Viqi/detikBali)

Diberitakan sebelumnya, Sirkuit Mandalika tidak ada dalam kalender WSBK 2024. Penyebab batalnya WSBK Mandalika 2024 diduga karena besarnya biaya hosting fee yang harus dibayarkan pemerintah ke Dorna Sports.

"Untuk WSBK mungkin berada di angka Rp 100 miliar. Ya sekitar segitu ya. Sehingga pemerintah memutuskan untuk tidak menyelenggarakan, mungkin ya," kata Komandan Lapangan Sirkuit Mandalika sekaligus Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB) Jamaluddin Malady, dikutip dari detikBali.

Besaran nilai hosting fee itu masih jadi kebijakan pemerintah pusat dengan Dorna Sport. Lebih lagi, kata Jamal, pada 2024 Indonesia akan menyelenggarakan pesta demokrasi. Sehingga, anggaran negara banyak terserap dalam kegiatan Pemilu nanti.

"Karena kita ketahui tahun 2024 yang akan datang itu Februari sudah pelaksanaan pesta demokrasi yaitu pemilihan. Ini mungkin menyebabkan pemerintah pusat dalam hal ini untuk tahun 2024 WSBK dihapus untuk sementara," ungkapnya.

Simak Video "WSBK Bakal Dicoret dari Sirkuit Mandalika Gegara Bikin Rugi"

WSBK Bakal Dicoret dari Sirkuit Mandalika Gegara Bikin Rugi

(lua/rgr)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek