Kisah Tontowi Ahmad, Alumni Santri yang Sukses Raih Emas Olimpiade 2016 By Okezone

Kisah Tontowi Ahmad, Alumni Santri yang Sukses Raih Emas Olimpiade 2016

By Okezone
sports.okezone.com
November 24, 2023

KISAH Tontowi Ahmad, alumni santri yang sukses raih emas Olimpiade 2016 menarik untuk diulas kembali. Owi -sapaan akrab Tontowi Ahmad- merupakan salah satu legenda bulu tangkis Indonesia di sektor ganda campuran jebolan klub PB Djarum.

Tontowi Ahmad bergabung dengan klub bulu tangkis di Kudus, Jawa Tengah itu pada 2005. Owi menjadi terkenal di dunia bulu tangkis pada 2010 ketika ia berpasangan dengan bintang ganda campuran Indonesia yang sudah mapan, Liliyana Natsir.

Bersama Butet -sapaan akrab Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad berhasil menyabet medali emas Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2013 hingga 2017. Selain itu, mereka juga meraih medali emas Olimpiade 2016.

BACA JUGA:

Owi/Butet menjadi juara Olimpiade 2016 usai mengalahkan wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, dengan skor 21-14 dan 21-12. Saat itu, mereka mendapat banyak dukungan dari para santri yang disebar melalui pesan siaran di media sosial.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Doa dan dukungan dari para santri hingga masyarakat Indonesia berbuah kemenangan bagi Owi/Butet. Rupanya, Owi mendapat dukungan dari para santri karena dia juga alumni Pesantren Al-Falah, salah satu pondok di Kediri, Jawa Timur.

Sebelum menjadi pebulu tangkis, Owi merupakan salah satu santri yang dihormati di pondoknya itu. Pemain yang kini berusia 36 tahun itu juga merupakan lulusan SMK Ma’arif NU Selandaka, Sumpiuh, Banyumas, Jawa Tengah.

Tontowi sendiri memiliki bakat bulu tangkis dari sang Ayah, Muhammad Husni Muzaitun, yang juga merupakan lulusan Pesantren Gontor. Ayahnya itu mewariskan bakat olahraga tepak bulu kepada Owi.

BACA JUGA:

Meski menjadi santri di Pesantren Al-Falah, Tontowi selalu menyempatkan diri untuk bermain bulu tangkis sambil tetap melaksanakan kewajiban di pondok. Hingga pada akhirnya, ia menjadi atlet bulu tangkis Indonesia sebelum pensiun pada Mei 2020.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dji)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek