Jokowi Layangkan 4 Tuntutan soal Agresi Israel ke Gaza di Rapat OKI - CNN Indonesia

Jokowi Layangkan 4 Tuntutan soal Agresi Israel ke Gaza di Rapat OKI

CNN Indonesia
Sabtu, 11 Nov 2023 19:59 WIB
Presiden Jokowi melayangkan empat tuntutan terkait agresi Israel ke Jalur Gaza Palestina dalam rapat darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Sabtu.
Presiden Jokowi melayangkan empat tuntutan terkait agresi Israel ke Jalur Gaza Palestina dalam rapat darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Sabtu. (REUTERS/POOL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayangkan empat tuntutan terkait agresi Israel ke Jalur Gaza Palestina dalam rapat darurat Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11) siang waktu setempat.

Tuntutan pertama yang diminta Jokowi adalah harus ada gencatan senjata segera dari Israel. Tanpa gencatan senjata, situasi di Gaza semakin memburuk.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Israel telah menggunakan narasi 'self defence' belakangan ini untuk membunuh rakyat sipil. Ini collective punishment (hukuman kolektif) dan kita semua harus mencari jalan agar Israel segera lakukan gencatan senjata," kata Jokowi.

Kedua, Jokowi meminta mempercepat dan memperluas bantuan kemanusiaan ke Palestina. Ia berharap negara-negara OKI bisa mengusulkan mekanisme bantuan yang berkelanjutan.

Ia mencontohkan Indonesia terus mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina belakangan ini dan akan terus ditambahkan lagi.

"Kondisi kemanusiaan memprihatinkan. RS Indonesia di Gaza Utara terus jadi sasaran serangan Israel dan sudah kehabisan bahan bakar. Dan Indonesia minta semua pihak untuk hormati hukum humaniter internasional," kata dia.

Ketiga, Jokowi meminta OKI gunakan semua lini untuk tuntut pertanggungjawaban Israel terhadap kekejaman kemanusiaan di Palestina.

"Misal mendesak diberikan akses pada Independent International Commission of Inquiry on the Occupied Palestinian Territory yang dibentuk Dewan HAM PBB untuk selesaikan mandatnya. Dan terus mendorong advisory opinion di mahkamah internasional," kata dia.

Pilihan Redaksi

Terakhir, Jokowi mendesak OKI agar perundingan damai dimulai lagi demi terwujudnya solusi dua negara atau two state solution.

"Dan menolak pemikiran one state solution karena pasti Palestina yg dikorbankan. Bila mekanisme kwartet tak bisa diandalkan, maka OKI harus dorong proses negosiasi damai dengan format baru. Dan Indonesia bisa berkontribusi dalam hal tersebut," kata dia.

Menurut pantauan CNNIndonesia.com, terlihat Presiden Jokowi tiba di lokasi rapat OKI di Riyadh sekitar pukul 13.00 waktu setempat mengenakan setelan jas biru donger diikuti oleh kedatangan pemimpin Arab dan negara Muslim lainnya seperti Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Iran EbrahimRaisi, Raja Yordania, hingga Presiden RusiahBashar Al Assad.

Dari Riyadh, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Washington DC, AS pada 12 November. Kunjungan tersebut, menurut Jokowi, merupakan kesempatan baik untuk menyuarakan posisi tegas Indonesia mengenai Gaza dengan Presiden AS Joe Biden.

Jokowi juga mengatakan ia akan menyampaikan hasil rapat OKI ini ke Presiden Biden saat bertemu di Gedung Putih nanti.

(rzr/rds)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita