Deklarasi Pemilu Damai 2024, Kolaborasi Wartawan Tangerang, KPU, Bawaslu, dan Polri - Beritasatu

Deklarasi Pemilu Damai 2024, Kolaborasi Wartawan Tangerang, KPU, Bawaslu, dan Polri

Jumat, 17 November 2023 | 21:47 WIB
Penulis: Wahroni | Editor: DIN
Kelompok wartawan yang tergabung dalam Balai Media Center (BMC) Tangerang Raya menyelenggarakan diskusi dan deklarasi damai Pemilu 2024 di Tangcity Mall Tangerang, Jumat, 17 November 2023.
Kelompok wartawan yang tergabung dalam Balai Media Center (BMC) Tangerang Raya menyelenggarakan diskusi dan deklarasi damai Pemilu 2024 di Tangcity Mall Tangerang, Jumat, 17 November 2023. (Beritasatu.com / Wahroni)

Tangerang, Beritasatu.com - Kelompok wartawan yang tergabung dalam Balai Media Center (BMC) Tangerang Raya menyelenggarakan diskusi dan deklarasi damai Pemilu 2024 di Tangcity Mall Tangerang. Acara bertajuk "Tangerang Asik, Aman, Sejuk, Damai, dan Kondusif" tersebut dihadiri oleh sejumlah pemangku kepentingan, termasuk KPU Kota Tangerang, Bawaslu, Polres Metro Tangerang Kota, dan Pemerintah Kota Tangerang.

ADVERTISEMENT

Diskusi tersebut membahas peran penting generasi milenial dan gen Z dalam Pemilu 2024, mengingat jumlah pemilih dari kedua kelompok tersebut mencapai 113 juta orang atau sekitar 56,45 persen dari total pemilih.

Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra menekankan pentingnya keterlibatan milenial dan gen Z dalam Pemilu 2024. Dia menjelaskan, KPU telah melakukan sosialisasi untuk mengajak mereka agar aktif terlibat dalam proses demokrasi dan tidak merasa tabu terhadap politik.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

"Dalam 88 hari menuju pemungutan suara pada Pemilu 2024, tepatnya pada 14 Februari, 18 partai politik akan berpartisipasi," tambahnya.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Komarrulloh mengajak masyarakat, terutama mahasiswa untuk aktif dalam menyukseskan Pemilu 2024. Bawaslu berperan dalam mencegah potensi pelanggaran yang dapat mengganggu penyelenggaraan pemilu.

"Peran masyarakat sangat penting, karena tanpa peran mereka, Bawaslu mungkin akan kewalahan dalam melakukan pengawasan," ungkap Komarrulloh.

BACA JUGA

Sementara itu, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menjelaskan, fokus penanganan menjelang Pemilu 2024 adalah memastikan tidak terjadinya konflik. Dengan banyaknya partai politik yang berpartisipasi, suara masyarakat menjadi beragam, dan aparat kepolisian akan mengantisipasi perbedaan pendapat yang berlebihan serta penyebaran informasi yang tidak akurat.

"Polri telah menggelar Operasi Mantap Brata 2023-2024 selama 122 hari ke depan, kami akan melaksanakan pengamanan seluruh tahapan Pemilu 2024, untuk memastikan pemilu yang aman, sejuk, dan kondusif di Tangerang," kata Zain.

Pemerintah Kota Tangerang, melalui Kepala Kesbangpol Kota Tangerang Teguh Supriyanto menegaskan komitmen untuk memastikan netralitas aparatur sipil negara (ASN) pada Pemilu 2024. Hal ini dilakukan agar kondusifitas di masyarakat Kota Tangerang tetap terjaga dan tidak menimbulkan konflik. Dengan partisipasi Pemilu di Kota Tangerang mencapai 81 persen dan jumlah pemilih milenial serta gen Z mencapai lebih dari 500 ribu orang, Pemkot Tangerang berusaha untuk memastikan ASN tetap netral.

"Pemkot Tangerang memastikan netralitas ASN akan terus terjaga, jangan sampai kami justru terjebak karena ketidaktahuan yang menjadi masalah," tegas Teguh.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek