Atap Stadion Jadi Sorotan saat JIS Tergenang Air, Begini Regulasi soal Buka Tutup Atap Stadion By Okezone

Atap Stadion Jadi Sorotan saat JIS Tergenang Air, Begini Regulasi soal Buka Tutup Atap Stadion

By Okezone
bola.okezone.com
November 24, 2023

ATAP Jakarta International Stadium (JIS) menjadi sorotan saat hujan deras melanda area tersebut pada Jumat (24/11/2023) sekira pukul 18.00 WIB. Akibat tak kuat menahan debit air yang besar, lapangan JIS sempat tergenang air hingga membuat kick off laga Timnas Brasil U-17 vs Argentina U-17 di perempatfinal Piala Dunia U-17 2023 ditunda 30 menit.

Di media sosial banyak netizen yang bertanya-tanya, kenapa atap JIS tidak ditutup saat hujan lebat melanda kawasan tersebut?

(Lapangan JIS tergenang air jelang laga Brasil U-17 vs Argentina U-17. (Foto: Andri Bagus/MPI)

“Atapnya cuma jadi panjangan saja kah,” tulis akun Instagram @bad.ars_westblue226, mengomentari unggahan Instagram @futboll.indonesia soal JIS yang tergenang air.

“Gunanya atap buat apa? Buat pajangan doang,” sambung akun @pauji010402.

Namun, menurut penelusuran Okezone, tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk menutup atap sebuah stadion. Mengutip dari laman resmi UEFA soal atap stadion yang bisa dibuka tutup (artikel 34), ada regulasi yang mengatur.

BACA JUGA:

“Sebelum pertandingan, delegasi pertandingan melakukan konsultasi dengan wasit, memutuskan apakah atap stadion bakal dibuka atau ditutup selama pertandingan. Keputusan ini harus diumumkan dalam rapat organisasi sebelum pertandingan, meskipun keputusan dapat diubah kapan saja termasuk jelang kick off ketika cuaca berubah. Sekali lagi, harus konsultasi dengan wasit,” tulis pernyataan UEFA.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Jika pertandingan dimulai dengan atap tertutup, maka pertandingan harus ditutup hingga jeda babak atau sampai pertandingan berakhir. Jika pertandingan dimulai dengan atap terbuka, hanya wasit yang mempunyai wewenang untuk memerintahkan penutupan atap selama pertandingan, tentunya dengan tunduk pada hukum yang berlaku di negara tersebut,” lanjut pernyataan tersebut.

“Keputusan seperti itu (penutupan atap secara tiba-tiba) dapat diambil jika cuaca memburuk. Jika wasit memerintah atap ditutup sebelum pertandingan, maka atap harus ditutup hingga jeda atau akhir pertandingan,” tegas UEFA.

BACA JUGA:

Melihat penjelasan di atas, keputusan dibuka atau ditutup atap stadion ada di tangan wasit. Namun, sejauh ini belum diketahui apakah wasit laga Brasil U-17 vs Argentina U-17, Espen Eskas, sudah meminta kepada panitia lokal untuk menutup atap stadion ketika hujan lebat melanda area JIS.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ram)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita