Anies Baswedan Bangga JIS Dipakai Untuk Piala Dunia U-17: 100 Persen Karya Anak Bangsa- Liputan 6

Anies Baswedan Bangga JIS Dipakai Untuk Piala Dunia U-17: 100 Persen Karya Anak Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan Anies Rasyid Baswedan atau Anies Baswedan mengaku bangga Jakarta Internasional Stadium (JIS) bakal dipakai menjadi salah satu venue ajang Internasional Piala Dunia U-17. Anies menyebut JIS murni karya anak bangsa.

"JIS ini sebuah mega struktur yang diakui dunia, dan ini 100 persen karya anak-anak bangsa Indonesia, tidak menggunakan tenaga asing. Menjadi bukti bahwa bila kita mau memberikan kesempatan, maka anak-anak Indonesia bisa membuat mahakarya seperti JIS," ujar Anies Baswedan, Minggu (12/11/2023).

Menurut dia, stadion peninggalannya saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta itu dirancang untuk skala global. Atas dasar itu, Anies menilai JIS pantas menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17.

"Karena ini memang karya skalanya global, karena itu wajar apabila tempat ini digunakan event-event global juga," ucap Anies.

Dia pun mengaku senang dengan komentar para pelatih sepak bola Internasional tentang JIS. Menurut Anies, hal itu bisa berpengaruh positif bagi bangsa Indonesia.

"Dan kami senang dengan komentar jujur para pelatih Internasional, karena komentar-komentar jujur seperti ini lah yang kita butuhkan supaya bangsa kita juga memiliki keyakinan atas apa yang dibuat oleh bangsanya sendiri," kata Anies.

Dia mengatakan, komentar para pelatih Internasional ini bisa mematahkan kritik terhadap JIS beberapa waktu lalu. Menurut dia, dengan sendirinya masyarakat akan menilai soal pembangunan JIS ini.

"Saya rasa seluruh rakyat Indonesia akan bisa melihat, menilai dan menyimpulkan, dan kita kerjakan yang terbaik saja biar masyarakat menilai. Ke depan jadi pelajaran, bahwa penting sekali kita menomor satukan kepentingan bangsa, kepentingan negara di atas kepentingan yang lain," pungkas Anies.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

* FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.


Piala Dunia U-17 2023: Pemain Timnas Inggris Puji Kualitas JIS, Sebut Tak Jauh Beda dengan Negaranya

Argentina vs Senegal, Piala Dunia U-17 2023
Duel antara Argentina U-17 dan Senegal U-17 pada laga Grup D Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (11/11/2023). (Dok.LOC Piala Dunia 2017)

Sebelumnya, Pemain Timnas Inggris U-17 Ethan Nwaneri memuji kualitas lapangan Jakarta International Stadium usai timnya mengalahkan Kaledonia Baru dengan skor telak 10-0 di laga perdana Grup C Piala Dunia U-17 2023 pada Sabtu 11 November 2023.

Pesepak bola yang terafiliasi dengan klub raksasa Premier League Arsenal itu mengaku kualitas JIS sudah baik dan sama sekali tak merasakan adanya masalah pada lapangan.

Sekadar informasi, Jakarta International Stadium sempat menjadi sorotan jelang penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Stasion yang berlokasi di Tanjung Priok harus menjalani renovasi cukup masif, utamanya dalam hal rumput, lantaran dinilai belum memenuhi standar FIFA.

Rumput baru lantas didatangkan dari Universitas Pelita Harapan, Tangerang, sejak Oktober lalu. Hasilnya, JIS sudah menggunakan rumput sesuai standar saat Piala Dunia U-17 2023 resmi beregulir.

"(Kualitas lapangan) tidak, tidak masalah. Semuanya bagus," ujar Ethan Nwaneri saat ditemui di mixed zone selepas pertandingan Kaledonia Baru vs Timnas Inggris U-17 di Jakarta International Stadium pada Sabtu 11 November 2023.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Sam Amo-Ameyaw yang menjadi Man of The Match di laga kontra Kaledonia Baru. Menurutnya, kualitas lapangan JIS tak jauh berbeda dengan stadion-stadion di Inggris.

"Lapangan di Inggris juga bagus, tapi tidak ada perbedaan jauh (dengan JIS), sama saja sejujurnya," tuturnya kepada awak media.

 


Cuaca Panas Masih Jadi Kendala, FIFA Siapkan Skenario Cooling Break

Jakarta International Stadium (JIS) menyambut Piala Dunia U-17 2023
Kondisi terkini sisi barat Jakarta International Stadium (JIS), Selasa (4/7/2023). (Bola.com/Hery Kurniawan)

Terlepas dari kualitas lapangan yang dinilai apik, Ethan Nwaneri mengaku masih punya kendala saat menjalani pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Suhu Indonesia yang panas disebut sangat berbeda dengan situasi Inggris, sehingga memaksa Nwaneri dan kawan-kawan harus menyesuaikan diri dengan lebih baik.

"(Cuaca di Indonesia) sangat panas, tapi kami harus terbiasa. Ini sangat berbeda dengan di Inggris, tapi ini adalah pengalaman," ujarnya kepada awak media.

Sekadar informasi, FIFA sejatinya sudah menyiapkan langkah antisipasi untuk cuaca panas di Indonesia. Mereka mengizinkan adanya skenario cooling break apabila suhu lapangan mencapai lebih dari 28 derajat celsius.

"Cooling break akan diputuskan oleh dokter FIFA jika suhu di tengah lapangan lebih tinggi dari 28 derajat celsius. (Istirahat itu) dilakukan antara menit 25-39 dan terjadi saat bola keluar dari area lapangan," tulis keterangan yang diterima Liputan6.com.

Adapun cooling break dalam Piala Dunia U-17 2023 tak hanya akan berlaku di babak pertama. Jika sudah terjadi di paruh pembuka, maka istirahat tersebut juka bakal diberikan di paruh kedua dengan durasi maksimal 3 menit untuk tiap-tiap jeda.

"Jika (cooling break) terjadi di babak pertama, pasti akan terjadi juga di babak kedua. (Durasi) cooling break maksimal 3 menit," sambung keterangan yang sama.


Mau Nonton Piala Dunia U-17, Ini 11 Rute TransJakarta Menuju JIS

Piala Dunia U-17 2023
Lapangan di Jakarta International Stadium (JIS) mendapat pujian dari pemain Timnas Inggris U-17 yang terafilisi dengan Arsenal, Ethan Nwaneri, selepas laga perdana Piala Dunia U-17 2023 pada Sabtu (11/11/2023). (Liputan6.com/Melinda Indrasari)

TransJakarta menyediakan 11 rute layanan transportasi untuk warga yang ingin menonton Piala Dunia U-17 tahun 2023 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

"Untuk layanan reguler ada 196 unit armada TransJakarta baik itu single bus, medium bus hingga mikrotrans," kata Kepala Departemen Humas dan CSR TransJakarta Wibowo dikutip dari Antara, Minggu (12/11/2023).

Menurut Wibowo, layanan tersebut meliputi Senen-JIS (14), Juanda-JIS (14A), Tanjung Priok-Senen via JIS, Stasiun LRT Pegangsaan Dua–JIS (12P), Tanjung Priok-Jembatan Item (JAK77) dan Terminal Tanjung Priok-Ancol Barat (JAK88).

Selanjutnya, ada rute Terminal Tanjung Priok-Taman Kota Intan (JAK89), Terminal Tanjung Priok-Rusun Kemayoran (JAK90), Taman Waduk Papanggo-Kota Tua (JAK118) dan Terminal Muara Angke-JIS (JAK120).

Selain itu, ada 35 unit bus Low Entry (LE) dengan tarif Rp0 sebagai "shuttle bus" (pengumpan) yang akan mengantarkan dengan rute Jakarta International Expo-C3 Kemayoran-JIS. Fasilitas tersebut tersedia 11-24 November 2023 dengan waktu operasi 12.00-23.00 WIB.

TransJakarta juga memfasilitasi para panitia, relawan serta media dengan transportasi dari C3 Kemayoran menuju JIS, pada tanggal 9-24 November 2023.

Selain TransJakarta, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lain, seperti Jakarta Experience Board (JXB) turut menyediakan fasilitas berupa pusat informasi bagi media untuk meliput acara Piala Dunia U-17 2023. Hal itu sebagai bentuk dukungan mereka pada acara berskala internasional itu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui dinas-dinas terkait mempersiapkan sejumlah hal dalam perhelatan tersebut, seperti rekayasa lalu lintas di tiga titik, yaitu Simpang Perlintasan bidang KA Jalan Sunter Permau Raya-Jalan RE Martadinata.

Selanjutnya Simpang Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya dan Simpang Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara.

Selain itu Pemprov DKI menyiapkan JIS sebagai arena bertanding, serta GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, dan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, sebagai arena untuk latihan.

Piala Dunia U-17 2023 adalah ajang Piala Dunia ke-19 yang diselenggarakan di Asia Tenggara untuk pertama kalinya dan diikuti oleh 24 negara. Antara lain Inggris, Ekuador, Burkina Faso, Maroko, Meksiko, Selandia Baru, Spanyol, Senegal, Jepang, Korea Selatan, Indonesia, Polandia dan Prancis. 

Infografis 3 Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 versi Erick Thohir. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17 versi Erick Thohir. (Liputan6.com/Abdillah)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita