Vietnam: Juara Umum SEA Games, Melempem di Asian Games By CNN Indonesia

 

Vietnam: Juara Umum SEA Games, Melempem di Asian Games

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Vietnam masih kesulitan meraih banyak medali emas di Asian Games. (REUTERS/ANN WANG)
Jakarta, CNN Indonesia --

Vietnam mencatat hasil buruk di Asian Games sejauh ini. Hingga memasuki pekan kedua, kontingen Vietnam belum berhasil meraih banyak medali emas.

Vietnam datang ke Asian Games kali ini dengan status sebagai juara umum SEA Games 2023 di Kamboja. Dalam perhelatan olahraga Asia Tenggara tersebut, Vietnam duduk di posisi pertama dengan koleksi 136 emas, 105 perak, dan 114 perunggu.

Namun kehebatan Vietnam di SEA Games seolah tak berbekas di Asian Games. Hingga Senin (2/10), Vietnam baru meraih 1 emas, 3 perak, 13 perunggu. Satu-satunya emas untuk kontingen Vietnam dipersembahkan oleh Pham Quang Huy di cabor menembak nomor 10 meter Air Pistol putra.

Catatan prestasi Vietnam kemudian makin terasa miris bila melihat pencapaian negara-negara Asia Tenggara lainnya. Thailand saat ini jadi negara ASEAN dengan prestasi terbaik lewat torehan 10 emas, 7 perak, 16 perunggu dan duduk di posisi ketujuh.

Bukan hanya kalah dari Thailand, Vietnam juga tertinggal dari Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Padahal di SEA Games lalu, Indonesia duduk di posisi ketiga, Singapura ada di peringkat keenam, dan bahkan Malaysia ada di posisi ketujuh.

Pada Asian Games 2022 (2023) sejauh ini, Indonesia sudah mengumpulkan 4 emas, 3 perak, 11 perunggu dan duduk di peringkat 13. Singapura ada di posisi ke-14 (3 emas, 5 perak, 4 perunggu) dan Malaysia ada di peringkat ke-15 (3 emas, 4 perak, 14 perunggu).

(ptr)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek