Ultras Celtic FC Kibarkan Bendera Palestina di Stadion, Manajemen Klub Marah Besar - inews

 

Ultras Celtic FC Kibarkan Bendera Palestina di Stadion, Manajemen Klub Marah Besar

By Ibnu Hariyanto
inews.id
October 9, 2023
Fans garis keras klub Celtic, Brigade Green mengibarkan bendera Palestina saat laga melawan Kimarnock di lanjutan Liga Skotlandia 2023/2024.
Fans garis keras klub Celtic, Brigade Green mengibarkan bendera Palestina saat laga melawan Kimarnock di lanjutan Liga Skotlandia 2023/2024.

GLASGOW, iNews.id- Fans garis keras klub Celtic, Brigade Green mengibarkan bendera Palestina saat laga melawan Kimarnock di lanjutan Liga Skotlandia 2023/2024. Aksi itu mendapat protes keras dari manajemen Celtic.

Laga itu berlangsung di Celtic Park, Sabtu (7/10/2023). Celtic menang 3-1 di laga itu.

Selain kemenangan Celtic, aksi Brigade Green juga mencuri perhatian. Dikutip dari Glasgowtimes, Selasa (10/10/2023), fans garis keras Celtic itu membentangkan spanduk dukungan untuk Palestina.

Selain itu, bendera Palestina berkibar di dalam stadoin. Spanduk tersebut bertuliskan 'Bebaskan Palestina. Kemenangan Untuk Perlawanan!'

Dukungan itu ditunjukkan usai terjadi serangan di wilayah Gaza. Konflik terjadi antara kelompok Hamas dan tentara Israel.

Bagi negara barat termasuk Inggris, Hamas ditetapkan sebagai kelompok teroris. Untuk itu, aksi Brigade Green itu menuai kecaman, salah satunya dari manajemen klub.

Editor : Ibnu Hariyanto

Follow Berita iNews di Google News

Celtic marah kepada kelompok suporternya itu karena menggunakan Stadiun Celtic Park sebagai sarana mengirim pesan politik. Celtic menegaskan tak ada hubungan dengan aksi para fans itu.

"Spanduk yang dipajang di salah satu bagian Celtic Park sebelum pertandingan hari Sabtu tidak mewakili pandangan Celtic Football Club dan kami memisahkan diri dari spanduk tersebut. Kami mengutuk tampilan pesan-pesan seperti itu di Celtic Park," tulis Celtic.

"Celtic adalah sebuah klub sepak bola dan bukan organisasi politik. Salah satu nilai utama kami sejak awal adalah terbuka untuk semua orang tanpa memandang ras, warna kulit, politik atau keyakinan. Itulah mengapa Klub selalu menegaskan bahwa pesan-pesan dan spanduk politik tidak diterima di Celtic Park, atau pertandingan apa pun yang melibatkan Celtic. Di saat banyak orang kehilangan dan menderita, sangat tidak pantas bagi sekelompok orang untuk menggunakan Celtic Park sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan semacam itu."

"Kami menyerukan kepada semua pendukung, terlepas dari pandangan pribadi mereka, untuk bersatu mendukung para pemain kami dan klub sambil menghormati hak-hak dan keyakinan orang lain; terutama mereka yang hidupnya dipengaruhi oleh kekerasan dan kebencian," tulisnya lagi.

Editor : Ibnu Hariyanto

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita