Uang Kompensasi Pemecatan Jose Mourinho Capai Rp1,4 Triliun, AS Roma yang Terbaru - Tribunnews

 

Uang Kompensasi Pemecatan Jose Mourinho Capai Rp1,4 Triliun, AS Roma yang Terbaru

By Dwi Setiawan
tribunnews.com
September 30, 2023

TRIBUNNEWS.COM - Siapa yang menyangka pelatih sebeken Jose Mourinho memiliki pola yang kurang baik pada musim ketiganya ketika melatih sebuah klub.

Tak jarang Jose Mourinho diputus kontraknya di tengah jalan pada musim ketiga karena klub yang dia latih menunjukkan performa jeblok.

Selama periode tersebut, Jose Mourinho mendapatkan uang kompensasi karena diputus kontraknya. Yang menjadi sorotan, AS Roma juga memiliki potensi besar menjadi klub selanjutnya yang harus membayar biaya kompensasi kepada Mou.

Manajemen Giallorossi disebut mulai berpikir untuk memberhentikan Jose Mourinho di awal musim, kendati kontraknya akan berakhir setelah musim 2023/2024 rampung.

Faktanya, dari enam pertandingan di Liga ItaliaAS Roma asuhan Mourinho hanya membukukan 1 menang, dua imbang dan tiga kekalahan.

Imbasnya, Serigala Ibu Kota terdampar di peringkat 16 klasemen Liga Italia sementara bermodal lima poin.

Lantas sejauh ini berapa pundi-pundi uang yang dihasilkan Mourinho dari kompensasi pemecatannya? Berikut datanya yang dirangkum Tribunnews dari PlanetFootball.

-Chelsea (2007)

Periode pertama Jose Mourinho di Chelsea yang dimulai musim 2004, memberikan hasil yang memuaskan.

Gaya tengilnya sebagai juru taktik berbanding lurus dengan prestasi yang disumbangkan sang juru taktik kepada klub London itu.

Hanya saja pada musim ketiganya bersama The Blues, Chelsea, Mourinho gagal menjaga eksistensi setelah dua musim sebelumnya memberikan gelar juara Premier League beruntun.

Setelah melakoni 185 pertandingan, Chelsea yang saat itu masih dipegang Roman Abramovich akhirnya mendepak Jose Mourinho.

Uang kompensasi pemecatannya mencapai 18 juta Pounsterling (Rp340 miliar).

Penyerang AS Roma Paulo Dybala
Penyerang AS Roma Paulo Dybala

-Real Madrid

Jose Mourinho kemudian berlabuh ke Real Madrid di musim 2010/2011 setelah membantu membawa Inter Milan meraih treble di musim sebelumnya.

Pelatih berjuluk The Special One ini memang hanya memberikan tiga trofi selama tiga musim membesut Los Blancos.

Namun fakta keberadaan Mou dalam menghidupkan suasana panas di laga El Clasico jelas menjadi suguhan menarik tersendiri.

Mourinho meninggalkan klub pada akhir musim ketiganya dengan timnya finis kedua di La Liga dan tersingkir dari Liga Champions di semifinal.

Dia dilaporkan menerima 17 juta Poundsterling (Rp321 miliar) sebagai bagian dari paket kompensasinya.

-Chelsea (2015)

Mou kembali ke pangkuan Chelsea pada musim 2013.

Bahkan di musim selanjutnya, pelatih yang pernah menjadi bagian dari Barcelona ini memberikan gelar juara Liga Inggris kepada Chelsea.

Namun kembali lagi, siklus musim ketiga merupakan momok tersendiri untuk juru taktik asal Portugal ini.

Manajemen Chelsea memutuskan mendepak Mou pada bulan Desember setelah klub London ini finis di peringkat 16.

Chelsea dilaporkan menggelontorkan uang kompensasi mencapai 12 juta Poundsterling (Rp226 miliar).

-Manchester United (2019)

Semua orang menertawakan Mourinho ketika dia mengklaim finis kedua bersama Manchester United adalah salah satu pencapaian terbesarnya, tapi ternyata dia benar-benar merencanakan sesuatu.

Masa jabatannya di Old Trafford kurang spektakuler dibandingkan pekerjaan sebelumnya, namun ia berhasil memenangkan tiga trofi di musim pertamanya bersama klub.

Dalam gaya klasik Mourinho, klub memutuskan sudah cukup selama musim ketiganya bersama klub. United membayar sekitar 15 juta Poundsterling (Rp283 miliar) untuk menyingkirkannya pada Desember 2019.

-Spurs (2021)

Kedatangan Mourinho di Spurs pada tahun 2019 mengejutkan kita semua, yang lebih mengejutkan lagi adalah fakta bahwa mereka memecatnya tepat sebelum final Piala EFL.

Manajer asal Portugal itu bertanggung jawab atas 86 pertandingan untuk Spurs sebelum dia dipecat pada April 2021.

Paket kompensasinya mencapai 16 juta Poundsterling (Rp302 miliar).

Jika ditotal, uang kompensasi pemecatan Mourinho mencapai 78 juta Euro atau sekitar Rp1,4 triliun.

(Tribunnews.com/Giri)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita