Sejarah Unik Asian Games: Tekuk Timnas Indonesia, Pasti Raih Medali By CNN Indonesia

 

Sejarah Unik Asian Games: Tekuk Timnas Indonesia, Pasti Raih Medali

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Tim yang bisa kalahkan Indonesia, bisa raih medali di Asian Games. (ANTARA FOTO/NOC Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Timnas Uzbekistan U-24 melanjutkan sejarah unik Asian Games usai meraih medali perunggu cabang sepak bola putra di Asian Games 2023 di Hangzhou, China.

Uzbekistan membawa pulang medali perunggu setelah menghajar Hong Kong 4-0 dalam perebutan tempat ketiga di Stadion Shangcheng Sports Centre, Hangzhou, Sabtu (7/10).

Gol-gol kemenangan Uzbekistan itu dicetak Khuyasin Norchaev yang menyumbang dua gol (50', 59') serta masing-masing satu gol dari Alisher Odilov (43') dan Alibek Davronov (75').

Capaian medali perunggu ini jadi yang pertama bagi Uzbekistan di Asian Games. Sebelum perunggu, Uzbekistan pernah meraih medali emas ketika juara pada Asian Games 1994.

Dengan meraih medali perunggu tahun ini, Uzbekistan melanjutkan 'tradisi' unik pada Asian Games. Sejarah unik itu adalah, tim yang bisa mengalahkan Timnas Indonesia selalu meraih medali Asian Games.

Uzbekistan sendiri bisa lolos ke perebutan medali perunggu setelah mengalahkan Indonesia 2-0 di babak 16 besar usai bermain 120 menit.

Pada Asian Games 2018, Uni Emirat Arab raih perunggu setelah singkirkan Indonesia di babak 16 besar. Begitu juga dengan Korea Utara yang raih perunggu di Asian Games 2014 setelah kalahkan Indonesia di 16 besar.

Timnas Iran meraih medali perak Asian Games 2006 setelah menaklukkan Indonesia di babak grup. Lalu pada Asian Games edisi 1986, Korea Selatan meraih medali emas setelah menekuk Tim Merah Putih di babak semifinal.

Timnas India meraih medali perunggu Asian Games 1970. Pada babak perempat final yang dibuat dengan fase grup, Indonesia menang 3-0 atas Indonesia.

Tim Merah Putih kalah dari Iran di perempat final Asian Games 1996. Iran pun lolos ke final dan meraih medali perak. Pada Asian Games 1962, Malaysia meraih perunggu setelah membekuk Indonesia di babak grup.

China meraih medali emas Asian Games 1954 dan 1958 setelah menumbangkan Indonesia di semifinal. Sementara pada Asian Games 1951, India keluar sebagai juara setelah mengalahkan Indonesia di perempat final.

(sry)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek