Sabet Medali Emas, Saptoyogo Purnomo Berjuang Tahan Rasa Sakit - inews

 

Sabet Medali Emas, Saptoyogo Purnomo Berjuang Tahan Rasa Sakit

By Andhika Khoirul Huda
inews.id
October 23, 2023
Pelari Indonesia, Saptoyogo Purnomo
Pelari Indonesia, Saptoyogo Purnomo

HANGZHOU, iNews.id – Pelari Indonesia, Saptoyogo Purnomo, meraih medali emas di ajang Asian Para Games (APG) 2022. Mengaku harus menahan rasa sakit ketika tampil di di HSC Stadium, Hangzhou, China, Senin (23/10/2023).

Yogo -sapaan Saptoyogo- berhasil menyabet medali emas dari cabang olahraga atletik nomor lari 400 meter T37 putra. Hebatnya, hasil itu membuatnya menyumbang emas pertama untuk Indonesia di APG 2022.

Pelari berusia 25 tahun itu menjadi juara setelah mencatatkan waktu di angka 54,80 detik. Dia mengalahkan wakil Thailand, Apisit Taprom, dan Thamer Alzahrani dari Arab Saudi, yang masing-masing mencatatkan waktu 56,63 serta 57,55 detik.

Yogo membeberkan strateginya untuk menjadi yang tercepat di nomor yang sebenarnya bukan menjadi andalannya itu. Pasalnya, Yogo merupakan jagoan di nomor 100 meter dan 200 meter putra T37.

Editor : Fitradian Dhimas Kurniawan

Follow Berita iNews di Google News

“Saya berlari juga mengandalkan feeling, saat 100 meter saya masih berlari pelan hingga memasuki awal 200 meter, namun di penghujung 200 meter baru saya mengeluarkan semua kemampuan saya hingga masuk garis finis. Memang lomba tadi sangat berat,” kata Yogo dikutip dari rilis NPC Indonesia, Senin (23/10/2023).

Yogo menyebut bahwa dirinya menahan rasa sakit sepanjang babak final. Namun, dia mengesampingkan penderitaannya demi menyabet medali emas untuk Tim Merah-Putih.

“Saya berlomba melawan rasa sakit di paha kaki kiri dan kaki kanan, tapi saya tahan rasa sakit itu sepanjang lomba supaya bisa meraih emas bagi Indonesia,” jelas peraih medali perunggu Paralimpiade Tokyo 2020 itu.

Selepas melewati garis finis, Yogo memang langsung mendapatkan perawatan dari tim medis. Sebab, kakinya mengalami kram dan dia mengeluh sakit pada paha kirinya.

Tentunya Yogo diharapkan segera bisa pulih kembali. Pasalnya, dia masih masih harus melanjutkan perjuangan, dengan turun di nomor 100 dan 200 meter T27 putra di APG 2022.

Editor : Fitradian Dhimas Kurniawan

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita