Promosi ke Timnas Senior, Arkhan Fikri Dinilai Layak Main di Liga Korea Selatan - inews

 

Promosi ke Timnas Senior, Arkhan Fikri Dinilai Layak Main di Liga Korea Selatan

By Ilham Sigit Pratama
inews.id
October 4, 2023
Arkhan Fikri berpotensi melakoni debutnya di Timnas Indonesia senior saat menghadapi Brunei Darussalam pada putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.
Arkhan Fikri berpotensi melakoni debutnya di Timnas Indonesia senior saat menghadapi Brunei Darussalam pada putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

JAKARTA, iNews.id – Arkhan Fikri promosi ke Timnas Indonesia senior untuk menghadapi Brunei Darussalam pada putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Tim Garuda akan menjamu Brunei pada leg pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (12/10/2023). Leg kedua akan dimainkan di Stadion Sultan Hasanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10/2023).

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong telah memanggil 25 nama pemain untuk melakoni dual aga tersebut. Salah satu nama yang dipanggil adalah Arkhan Fikri.

Ini menjadi undangan pertama buat gelandang muda Arema FC itu masuk Timnas Indonesia senior. Sebelumnya remaja 18 tahun itu menjadi andalan Timnas U-20 dan U-23.

Pelatih kiper Timnas Indonesia, Yoo Jae-hoon menilai Arkhan tidak hanya layak dipromosikan ke Timnas senior, tetapi juga abroad alias main ke luar negeri di Liga Korea Selatan.

Arkhan dinilai memiliki kualitas untuk menyusul seniornya, Asnawi Mangkualam, yang sudah lebih dulu berkarier di Negeri Ginseng.

“Ada, (pemain Timnas Indonesia selain Asnawi yang layak abroad ke Korea Selatan), karena saya pegang Timnas U-20, banyak yang punya bakat di Timnas U-20, Arkhan (Fikri) juga bagus, dia punya talenta besar,” kata Yoo Jae-hoon dikutip Podcast Youtube Sport 77 Official, Rabu (4/10/2023).

“Dan Marselino (Ferdinan), tapi Marselino kan sudah di Belgia,” ujar eks penjaga gawang Persipura Jayapura itu.

Editor : Abdul Haris

Follow Berita iNews di Google News

Performa Arkhan bersama Tim Merah Putih memang tengah mencuri perhatian. Sebelumnya, Arkhan tampil di ajang Piala AFF U-23 2023 dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Arkhan pun berhasil mencetak tiga assist di dua ajang tersebut. Selain itu, pemain kelahiran Serdang Bedagai itu juga sudah tampil 10 kali bersama Arema FC di Liga 1 2023/2024.

Lebih lanjut, Yoo Jae-hoon mengaku pernah dikontak agen pencari bakat dari klub Liga 1 Korea Selatan (K-League 1) dan Liga 2 Korea Selatan (K-League 2). Eks kiper yang juga pernah membela Borneo FC dan Bali United itu merekomendasikan dua nama pemain lokal ke agen-agen tersebut.

“Sebenarnya ada beberapa scouting di Liga 1 Korea dan Liga 2 Korea pernah tanya sama saya, ‘ada gak rekomendasi pemain Indonesia untuk main di Liga Korea?” tuturnya.

Hanya saja, Yoo Jae-hoon enggan menyebutkan dua nama pemain yang dimaksud. Dia juga tak tahu mengapa dua pemain yang direkomendasikannya gagal merapat ke klub Korea Selatan.

“Waktu itu saya ada rekomendasi satu atau dua pemain, tapi akhirnya gak jadi, gak tahu ya karena masalah gaji atau ada, karena saya gak tahu, tapi di sini ya saya gak bisa sebut nama,” ucapnya.

Editor : Abdul Haris

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek