MotoGP Australia 2023 - Kendala Logistik dari Mandalika ke Phillip Island, Pembukaan Paddock Tim Tertunda - Semua Halaman - Bolasport

 

MotoGP Australia 2023 - Kendala Logistik dari Mandalika ke Phillip Island, Pembukaan Paddock Tim Tertunda - Semua Halaman - Bolasport.com

MotoGP Australia 2023 - Kendala Logistik dari Mandalika ke Phillip Island, Pembukaan Paddock Tim Tertunda

By Delia Mustikasari, Rabu, 18 Oktober 2023 | 10:15 WIB
Sirkuit Phillip Island, Australia.
Sirkuit Phillip Island, Australia. (MOTOGP.COM)

BOLASPORT.COM - Seri balap MotoGP ke-16, MotoGP Australia 2023 akan digelar di Sirkuit Phillip Island, 20-22 Oktober.

Namun, ada masalah yang menghinggapi karena kendala logistik. Akibatnya paddock di Phillip Island, Australia tidak akan dibuka untuk tim pada Rabu (18/10/2023) pukul 12.00 waktu setempat.

Seperti diberitakan speedweek, paddock tim baru bisa dibuka pada Kamis (19/10/2023), pukul 08.00 pagi waktu setempat. Penyebabnya, ada satu kargo jumbo masih mengudara.

Kondisi ini sudah diperkirakan sejak awal bahwa tujuh balapan GP luar negeri dalam waktu sembilan minggu.

Recommended by

Jadwal balapan MotoGP padat dalam tur Asia tidak hanya akan menghadirkan tantangan besar bagi tim dan pembalap, tetapi logistik Dorna selaku penyelenggara MotoGP juga akan menghadapi ujian berat.

Pasalnya, selama banyak Grand Prix dalam tiga akhir pekan berturut-turut, empat kargo jumbo harus diangkut dari satu venue balapan ke venue balapan berikutnya.

Mengangkut material dari pulau Lombok ke Melbourne, Australia kini menjadi tantangan tersendiri karena truk Gibson Freight harus mengangkut kotak-kotak pengangkutan selama sekitar tiga jam ke Cowes di pulau Phillip Island.

Pada Selasa (17/10/2023) tim GP diberitahu oleh asosiasi tim IRTA (Asosiasi Tim Balap Motor Internasional) dan Dorna bahwa ada penundaan dalam operasi pengangkutan antara Mandalika dan Phillip Island.

Beberapa barang baru akan tiba di paddock di Sirkuit Phillip Island hingga Rabu malam.

Oleh karena itu, paddock untuk tim MotoGP tidak akan dibuka pada hari Rabu siang.

Masuknya tim kelas Moto3 dan Moto2 hanya diperbolehkan mulai pukul 09.00 pagi.

Selanjutnya, kotak-kotak tersebut dapat dibongkar, lubang-lubangnya disingkirkan dan motor dirombak untuk sesi latihan pertama.

Untuk melakukan hal ini, pengaturan dasar lintasan GP Australia harus diatur.

Namun, asosiasi tim IRTA mengizinkan tim untuk mendirikan kantor di area perhotelan mereka pada  Rabu.

Dengan catatan hanya dengan material yang dikirim ke Australia melalui jalur laut.

Penjelasannya, tTim-tim besar (terutama dari MotoGP) menghemat banyak uang dengan tidak mengirimkan fasilitas perhotelan untuk event luar negeri dari satu lokasi ke lokasi lain dengan pesawat, tetapi melalui laut.

Namun kini mereka membeli meja, kursi, oven, lemari es, peralatan makan, mesin pembuat kopi dan lain sebagainya sebanyak lima eksemplar karena banyaknya dokter umum di luar negeri dalam setiap seri balap.

Anggota tim disadarkan bahwa kotak kargo berisi perlengkapan motor yang mungkin tiba lebih awal di pit tidak boleh disentuh atau dibongkar sebelum paddock resmi dibuka.

Alasannya, harus dipastikan dulu semua materialnya sudah sampai di Australia.

Selain itu, tujuannya juga agar truk Gibson Freight tidak terlambat melakukan bongkar muat di jalur pit akibat kotak-kotak barang tergeletak di mana-mana.

Sejauh ini, pejabat IRTA berasumsi pelatihan bisa dimulai tepat waktu pada Jumat  (20/10/2023) pagi.

Sebuah pesawat kargo telah mendarat di Melbourne. Tapi setidaknya ada satu yang sedang mengudara.

Waktu Australia 9 jam lebih cepat dari Eropa tengah sehingga jam di sana sudah menunjukkan pukul 22.45.

Sekadar mengingatkan, Pada GP Argentina 2022, seluruh sesi latihan Jumat terpaksa dibatalkan karena dua pesawat dalam perjalanan dari Lombok terdampar di Mombasa/Kenya (Afrika) karena kendala teknis.

Sebuah Boeing 747-222B yang telah diperbaiki dengan muatan sekitar 100.000 kg tiba di bandara Tucuman terlambat dua hari.

Selain itu, jumlah pesawat kargo yang tersedia 30 persen lebih sedikit sejak dimulainya perang di Ukraina karena Rusia telah kehilangan semua hak penerbangan ke tujuan luar negeri akibat sanksi tersebut.

Empat pesawat kargo biasanya disewa untuk semua pengiriman ke luar negeri.

Dari Misano ke Texas 2021, sebuah Boeing 747 800F, dua Boeing 747 400F dan sebuah Boeing B777 200F dimuat.

Berat 114,339 kg, 101,802 kg, 77,958 kg dan 78,229 kg dilaporkan per pesawat. Total muatan yang diangkut lebih dari 372.000 kg.

Tidak hanya kotak kargo untuk tim di tiga kelas yang disimpan di dalam Boeing, tetapi juga dua mobil dinas BMW.

Selain itu, satu sepeda motor BMW, serta seluruh perlengkapan pengatur waktu Dorna, bahan untuk rekaman TV, dan fasilitas kantor untuk Dorna dan IRTA dan seterusnya.

Dorna Sports SL, pemegang hak komersial Kejuaraan Dunia MotoGP, menerbangkan rata-rata sekitar 240 karyawan dalam event balapan di luar negeri.

Halaman :

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek