Menpora Dito Sebut Presiden Jokowi Ingin Indonesia Jadi Co-Host Piala Dunia 2034 - inews

 

Menpora Dito Sebut Presiden Jokowi Ingin Indonesia Jadi Co-Host Piala Dunia 2034

By Andika Rachmansyah
inews.id
October 17, 2023
Menpora Dito Ariotedjo
Menpora Dito Ariotedjo

JAKARTA, iNews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo menginginkan Indonesia bisa menjadi co-host Piala Dunia 2034. Menpora Dito bahkan menyampaikan Presiden Jokowi akan menjajaki pembicaraan dengan Arab Saudi.

Seperti diketahui, FIFA memberikan jatah tuan rumah Piala Dunia 2034 untuk negara Asia dan Oceania. Tampaknya, Indonesia benar-benar serius ingin melakukan bidding untuk bisa menjadi tuan rumah ajang tersebut.

Menpora Dito menyampaikan bahwa posisi Indonesia terkait bidding Piala Dunia 2034 yakni jelas sebagai co-host, sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi. Dia menyampaikan bahwa Indonesia terbuka untuk menjajaki pembicaraan terkait hal itu dengan negara-negara yang juga ingin melakukan bidding seperti Australia dan Arab Saudi.

“Ini kami lagi mengikuti perkembangannya tapi memang positioning Indonesia itu, yang bapak Presiden inginkan, kita minimal jadi co-host,” kata Menpora Dito di Kantor Kemenpora, Selasa (17/10/2023).

Editor : Fitradian Dhimas Kurniawan

Follow Berita iNews di Google News

“Jadi bagi negara-negara yang sekarang lagi menjajaki dukungan dari Indonesia saya sudah menyampaikan, bahwa memang posisi Indonesia kami ingin sebagai co-host,” ujarnya.

Ketum PSSI, Erick Thohir, sebelumnya menyampaikan bahwa Indonesia sedang berdiskusi dengan Australia yang berniat menggandeng negara lain untuk mendampingi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Kemudian juga melakukan kontak dengan Arab Saudi.

Senada dengan Erick, Menpora Dito menyampaikan bahwa memang sejauh ini Indonesia sedang menjajaki pembicaraan dengan Australia dan termasuk Arab Saudi. Bahkan dia akan menyusul Presiden Jokowi yang akan melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi.

Salah satu yang akan dibahas adalah perihal peluang Indonesia sebagai co-host Piala Dunia 2034 bersama Arab Saudi. Kita tahu, Arab Saudi memang telah melayangkan bidding resmi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034

“Yang sudah itu Australia, dan Arab Saudi. Kami pembicaraan awal sudah, Arab Saudi yang utama kami sudah sampaikan kami ingin sebagai co-host. Dan ini saya akan terbang ke Arab Saudi mendampingi bapak Presiden, dan salah satu topik yang (akan dibahas). Raja MBS (Mohammed bin Salman) akan berbicara juga ke bapak Presiden (Jokowi),” ungkapnya.

“Semoga, ini nanti kami akan update. Australia juga komunikasi berjalan, dan juga bersama negara-negara ASEAN pun berjalan. Intinya posisi Indonesia kami ingin sebagai co-host,” pungkas Menpora Dito.

Editor : Fitradian Dhimas Kurniawan

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek