Mengapa Hong Kong Bisa Mengejutkan di Asian Games 2023? By CNN Indonesia

 

Mengapa Hong Kong Bisa Mengejutkan di Asian Games 2023?

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Timnas Hong Kong U-24 melaju ke semifinal Asian Games 2022 (2023). (potongan layar @hkfa_official)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sama sekali tak diperhitungkan di Asian Games 2023, Hong Kong tampil mengejutkan dengan lolos ke babak semifinal cabang olahraga sepak bola.

Pada babak delapan besar Hong Kong menumpas salah satu raksasa sepak bola Asia, Iran. Ini kemenangan dramatis karena sepanjang pertandingan itu pertahanan Hong Kong dikepung oleh pemain Iran.

Kemenangan 1-0 Hong Kong ini juga mengejutkan, sebab pada 6 September mereka takluk 0-3 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Memang skuadnya tak sama, tetapi perubahannya tak dominan.

Sebelum menumpas Iran, Hong Kong menyingkirkan Palestina 1-0 pada babak 16 besar. Pertandingan ini tak begitu dihiraukan karena sepak bola Palestina bukan kekuatan besar di Asia.

Adapun kelolosan Hong Kong ke babak 16 besar diwarnai keberuntungan. Pasalnya Grup C hanya diisi dua tim dari awalnya empat tim. Pasalnya Afghanistan dan Suriah menyatakan mundur.

Karenanya Hong Kong tampil dua kali melawan Uzbekistan. Dengan kata lain sejak awal Hong Kong sudah tahu akan lolos ke babak 16 besar. Situasi ini dimanfaatkan Hong Kong untuk mematangkan skuad.

Dua pertandingan uji coba melawan Uzbekistan yang adalah runner up Piala Asia U-23 2022, jadi sarana menaikkan kualitas. Sisi pertahanan benar-benar diasah dalam laga babak grup tersebut.

Tak dinyana pula pola serangan balik mereka efektif saat melawan Uzbekistan. Hal ini langsung dijadikan senjata dan terbukti berbuah kemenangan saat melawan Palestina dan Iran.

Yang menarik dari tiga gol Hong Kong selama Asian Games 2023, sama-sama tercipta di menit-menit awal laga. Satu gol tercipta di awal babak pertama, dan dua gol di awal babak kedua.

Pada babak semifinal Hong Kong akan berhadapan dengan Jepang. Ini akan jadi ujian berat. Pasalnya lawan Hong Kong sebelumnya adalah Asia Barat dan Asia Tengah, kini lawannya dari Asia Timur.

Karakter sepak bola Jepang sangat berbeda dengan Uzbekistan, Palestina, dan Iran. Gawang Jepang pun tidak pernah kebobolan di menit-menit awal laga, baik babak pertama atau kedua.

(abs/nva)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita