Legenda Bulu Tangkis Hariyanto Arbi Akan Diperiksa soal Pertemuan Firli Bahuri dan SYL - inews

 

Legenda Bulu Tangkis Hariyanto Arbi Akan Diperiksa soal Pertemuan Firli Bahuri dan SYL

By Irfan Ma'ruf
inews.id
October 13, 2023
Polisi bakal memeriksa legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi soal pertemuan Ketua KPK, Firli Bahuri dengan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo
Polisi bakal memeriksa legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi soal pertemuan Ketua KPK, Firli Bahuri dengan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

JAKARTA, iNews.id - Polisi bakal memeriksa legenda bulu tangkis Indonesia, Hariyanto Arbi soal pertemuan Ketua KPK, Firli Bahuri dengan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL). Hal itu lantaran Hariyanto ada di lokasi saat SYL mendatangi Firli.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Safri Simanjuntak menyebut semua pihak yang diduga berkaitan atau mengetahui kasus ini akan dimintai keterangan. Pemeriksaan dilakukan terkait dugaan pemerasan SYL oleh diduga pimpinan KPK.

"Semua saksi yang ada dalam peristiwa tindak pidana yang sedang disidik oleh penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, semuanya pasti akan dilakukan pemeriksaan," kata Ade di Polda Metro Jaya, Jumat (13/10/2023).

Bukan cuma Hariyanto, Polda Metro Jaya pun akan memanggil Ketua KPK, Firli Bahuri. Tapi, mantan Kapolres Kota Solo ini juga belum merinci pemanggilan kepada Firli.

"Nanti akan kita jadwalkan," ujarnya.

Dalam tahap ini, kepolisian sudah menerbitkan surat perintah penyidikan untuk mencari barang bukti yang nantinya akan menjadi alat bukti untuk penetapan tersangka dalam kasus tersebut.

Ade Safri mengatakan penanganan dugaan kasus pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo telah naik statusnya dari penyelidikan ke penyidikan.

"Dari hasil pelaksanaan gelar perkara dimaksud, selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status penyelidikan ke tahap penyidikan terhadap dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan," kata dia, Sabtu (7/10/2023).

Firli Bahuri sebelumnya membantah dugaan pimpinan KPK yang melakukan pemerasan terhadap SYL. Apalagi sempat beredar foto Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis.

Firli pun menjelaskan beredarnya foto pertemuan dirinya dengan SYL yang membuat publik geger. Foto tersebut beredar setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementan era SYL.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Ketua KPK mejelaskan kalau pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terungkap. Dia menyebut, pertemuan itu dilakukan pada Maret 2022.

"Pertemuan di lapangan bulu tangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itu pun beramai-ramai di tempat terbuka," ujar Firli dalam keterangannya, Senin (9/10/2023).

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita