Lawan Timnas Indonesia, Irak Kebut Proses Naturalisasi Wonderkid asal Swedia - inews

Lawan Timnas Indonesia, Irak Kebut Proses Naturalisasi Wonderkid asal Swedia

By Ilham Sigit Pratama
inews.id
October 27, 2023
Munthadar Majid, winger berusia 18 tahun yang bermain untuk klub Swedia, Hammarby IF, siap dinaturalisasi Timnas Irak.
Munthadar Majid, winger berusia 18 tahun yang bermain untuk klub Swedia, Hammarby IF, siap dinaturalisasi Timnas Irak.

BASRA, iNews.id – Jelang melawan Timnas Indonesia, Irak mengebut proses naturalisasi wonderkid asal Swedia. Dia adalah Munthadar Majid, winger berusia 18 tahun yang bermain untuk klub Swedia, Hammarby IF.

Timnas Irak bakal menjamu Indonesia pada matchday perdana putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Internasional Basra, 10 November 2023.

Jelang laga tersebut, kedua tim saling memperkuat armadanya. Indonesia terus menggodok proses naturalisasi Jay Idzes (Venezia) dan Nathan Tjoe-A-On (Swansea City).

Kecil kemungkinan proses naturalisasi keduanya rampung pada November 2023, namun mereka ditargetkan siap membela Timnas Garuda pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Vietnam pada Maret 2024.

Proses Naturalisasi Tinggal Perpindahan Federasi

Tak mau kalah dengan Indonesia, Timnas Irak juga berburu pemain keturunan. Tim Singa Mesopotamia itu mempercepat proses naturalisasi Muntadhar Majid.

Menurut media Irak, Winwin, Jumat (27/10/2023), proses naturalisasinya kini tinggal menyisakan perpindahan federasi saja.

Untuk memantau sang pemain, Pelatih Timnas Irak, Jesus Casas sampai datang langsung ke Swedia, Juli 2023.

Editor : Abdul Haris

Follow Berita iNews di Google News

Namun menurut media itu, Majid belum siap membela Timnas Irak pada laga kontra Timnas Indonesia bulan depan. Sebab sesuai kesepakatan, Majid terlebih dahulu akan membela Swedia U-19 di Kualifikasi Piala Eropa U-19 2024.

Kabarnya, partisipasi Majid bersama Swedia U-19 merupakan bentuk terima kasih sang pemain kepada negara asal Zlatan Ibrahimovic tersebut. Majid ingin memberi hadiah perpisahan kepada Swedia, sebab negara itu sudah menampung dirinya dan keluarganya selama ini.

Kualifikasi Piala Eropa U-19 2024 bentrok dengan jadwal Timnas Irak senior. Ajang itu berlangsung dari 11 Oktober hingga 21 November 2023 mendatang.

Munthadar Majid Berpeluang Tampil di Piala Asia 2024

Meski absen pada laga bulan depan, Majid berpeluang sudah bisa membela Irak di Piala Asia 2023. Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan kembali bertemu Irak pada turnamen yang berlangsung di Qatar tersebut.

Laga Grup D Piala Asia 2023 antara Timnas Indonesia kontra akan dihelat di Ahmad Bin Ali Stadium, Ar-Rayyan pada 15 Januari 2024 mendatang. Kedua tim juga akan kembali bentrok pada pertemuan kedua di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 6 Juni 2024, dimana skuad Garuda akan gantian menjadi tuan rumah.

Editor : Abdul Haris

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita