Jelang MotoGP, Permintaan BBM di Lombok Akan Naik 43% By BeritaSatu

 

Jelang MotoGP, Permintaan BBM di Lombok Akan Naik 43%

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
October 10, 2023
Ilustrasi SPBU.
Ilustrasi SPBU.

Jakarta, Beritasatu.com – PT Pertamina Patra Niaga, subholding commercial dan trading, menyatakan bahwa menjelang ajang balap motor kelas dunia, MotoGP yang akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023, kebutuhan avtur atau bahan bakar pesawat di Bandara Internasional Lombok (BIL) diperkirakan akan meningkat hingga 190% dari hari biasanya. Selain itu, permintaan BBM atau bahan bakar minyak juga diperkirakan akan naik sebesar 43%.

"Dalam rentang waktu 5-17 Oktober, kami memproyeksikan peningkatan kebutuhan avtur hingga 190% dari distribusi harian normal," ujar Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan, seperti dilansir Investor Daily,

Riva menyatakan bahwa proyeksi peningkatan konsumsi BBM di Lombok diperkirakan sekitar 43% dari konsumsi harian biasanya. Dalam mengantisipasi peningkatan ini, fasilitas utama, seperti Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) BIL akan beroperasi 24 jam guna memenuhi kebutuhan avtur bagi pesawat logistik, pesawat sewa di tengah peningkatan jadwal penerbangan menuju dan dari Lombok selama Pertamina Grand Prix of Indonesia berlangsung.

Untuk mendukung pasokan energi selama acara berlangsung, Fuel Terminal (FT) Ampenan, yang merupakan tulang punggung suplai BBM di Lombok, akan menambah jam operasionalnya, dimulai pukul 02.00 Wita dibandingkan dengan jam operasional biasanya yang dimulai pukul 06.00 Wita. Selain itu, layanan operasional juga akan ditambah hingga hari minggu.

Riva menegaskan bahwa stok BBM, LPG, dan avtur akan tetap dijaga pada tingkat aman. "Kami memberi jaminan bahwa stok dan distribusi energi aman," katanya.

Dia menjelaskan bahwa pasokan energi ini akan mendukung mobilitas logistik, kedatangan wisatawan ke Lombok, serta kebutuhan sehari-hari masyarakat di Lombok. "Pertamina Patra Niaga telah menyiagakan fasilitas utama dan menyediakan layanan tambahan untuk memastikan kelancaran pasokan energi, baik untuk kebutuhan MotoGP maupun kebutuhan harian masyarakat," tambahnya.

Selain memastikan pasokan dan menyediakan fasilitas, Pertamina Patra Niaga juga telah menyiapkan SPBU yang akan beroperasi 24 jam di jalur-jalur utama, satu unit modular khusus Pertamax Turbo untuk konsumsi BBM operasional balap.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek