Hasil Arctic Open 2023 - Chico Masih Buntu di Depan Lee Zii Jia, Tunggal Putra Indonesia Habis, Malaysia Kunci Tiket Semifinal - Semua Halaman - Bolasport

 

Hasil Arctic Open 2023 - Chico Masih Buntu di Depan Lee Zii Jia, Tunggal Putra Indonesia Habis, Malaysia Kunci Tiket Semifinal - Semua Halaman - Bolasport.com

Hasil Arctic Open 2023 - Chico Masih Buntu di Depan Lee Zii Jia, Tunggal Putra Indonesia Habis, Malaysia Kunci Tiket Semifinal

By Ardhianto Wahyu Indraputra, Kamis, 12 Oktober 2023 | 20:53 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, pada babak pertama Hong Kong Open 2023 di Hong Kong Coliseum, Rabu (13/9/2023).
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, pada babak pertama Hong Kong Open 2023 di Hong Kong Coliseum, Rabu (13/9/2023). (PP PBSI)

BOLASPORT.COM - Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, kurang tahan dalam laga panjang dengan Lee Zii Jia (Malaysia) pada babak kedua Arctic Open 2023.

Skor kemenangan 21-17, 18-21, 21-11 bagi raja bulu tangkis Malaysia menutup pertandingan berdurasi tepat 1 jam di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Kamis (12/10/2023).

Chico terlambat panas pada pertandingan kali ini setelah Lee Zii Jia mampu membuka keunggulan dengan cepat pada 5-1.

Lee Zii Jia memang menjadi rival yang sulit bagi Chico di mana belum ada kemenangan yang dapat diraih sejak sama-sama naik ke level senior.

Recommended by

Kemenangan terakhir Chico atas Lee terjadi pada semifinal Kejuaraan Dunia Junior 2016 di mana atlet asal Jayapura ini menang 21-19. 21-18.

Dalam dua pertemuan terakhir, Chico selalu kalah dari Lee yang mendapatkan kesempatan lebih cepat untuk tampil di ajang World Tour secara reguler.

Kembali ke arena, perlawanan Chico baru dimulai sesudahnya. Persaingan memanas saat skor kembali sama kuat pada 6-6.

Namun, tidak mudah bagi Chico untuk membalikkan keadaan setelah Lee Zii Jia merepotkannya dengan serangan-serangan yang tajam.

Setelah hanya berjarak satu angka di 15-16, Juara Asia satu kali ini mendapat angin lagi setelah mencetak empat poin beruntun untuk merebut game point.

Chico hanya sempat membalas dua angka sebelum bola tanggung yang gagal dimanfaatkan dengan baik olehnya menutup gim pertama.

Kekalahan pada gim pertama coba dibalas oleh Chico. Untuk pertama kalinya dalam pertandingan ini, dia mampu mengungguli perolehan poin Lee Zii Jia.

Chico mampu menekan Lee Zii Jia kali ini. Kesempatan juara All England Open 2021 tersebut untuk melepas serangan sanggup diminimalisir olehnya.

Dua kali Chico memimpin tiga angka pada 5-2 dan 10-7. Lee Zii Jia sempat mendekat pada 10-9 tetapi tidak dapat membalikkan keadaan sebelum interval setelah lob yang terlalu panjang.

Momentum berada di tangan Lee Zii Jia setelah jeda. Beruntung bagi Chico, eksekusi lawannya itu sering kurang akurat sehingga keunggulannya masih terjaga.

Jarak empat poin didapat Chico yang bermain aman di 16-12. Apes, agresivitas Lee pada akhirnya membuahkan hasil saat skor disamakan di 17-17.

Chico yang tak ingin peluangnya terbuang akhirnya merespons dengan bermain lebih menyerang. Tempo cepat Chico sulit diikuti Lee Zii Jia sehingga laga berlanjut ke gim tambahan.

Pertandingan sengit berlanjut pada gim ketiga. Kedua pemain berbalas angka hingga kedudukan seimbang selalu tercipta dari 1-1 hingga 4-4.

Sayangnya, Chico sedikit kurang dalam detail-detail kecil. Pengembalian yang sedikit melebar dan kesalahan pengamatan menambah tinggi gunung yang harus didaki.

Tantangan besar dihadapi Juara Malaysia Masters 2022 ini pada paruh terakhir gim ketiga karena tertinggal 6 angka 5-11 saat interval.

Di sisi lain, Lee Zii Jia makin di atas angin. Tak hanya tajam dalam serangan, dia juga lebih kuat dalam bertahan.

Jarak poin kedua pemain bertambah lebar sampai mencapai 10 angka pada 7-17. Chico butuh 14 angka sedangkan Lee Zii Jia cuma 4.

Utang poin Chico masih 10 angka saat smes menyilang yang keras dari Lee menghasilkan match point pertama di 10-20.

Sebuah reli panjang yang berakhir dengan kesalahan Chico menutup pertandingan.

Dengan ini Indonesia tidak memiliki amunisi tersisa di tunggal putra Arctic Open 2023 setelah wakil lainnya, Shesar Hiren Rhustavito, takluk di babak pertama.

Di sisi lain, Malaysia punya tiga wakil yaitu Lee Zii Jia, Ng Tze Yong, dan Leong Jun Hao.

Satu tempat di semifinal pun sudah dikunci Pasukan Harimau Malaya karena Lee Zii Jia dan Leong Jun Hao akan saling berhadapan pada babak delapan besar.

Halaman :

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita