Firli Bahuri Tegaskan saat Bertemu SYL di Lapangan Bulu Tangkis Belum Ada Kasus Kementan - inews

 

Firli Bahuri Tegaskan saat Bertemu SYL di Lapangan Bulu Tangkis Belum Ada Kasus Kementan

By Nur Khabibi
inews.id
October 8, 2023

JAKARTA, iNews.id - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menjelaskan soal beredarnya foto dirinya bertemu mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di lapangan bulu tangkis. Saat foto itu diambil pada 2 Maret 2022, belum ada kasus dugaan korupsi Kementan di KPK.

Kasus Kementan, kata Firli, baru masuk penyelidikan KPK sekitar Januari 2023.

"Maka dalam waktu (saat foto diambil) tersebut, status Saudara Syahrul Yasin Limpo bukan tersangka, terdakwa, terpidana ataupun pihak yang berperkara di KPK," kata Firli melalui keterangan tertulisnya, Senin (9/10/2023).

"Kejadian (pertemuan) tersebut pun bukan atas inisiasi atau undangan saya," sambungnya.

Firli melanjutkan, saat ini lembaga anti-rasuah sedang banyak mengusut kasus dugaan korupsi. Menurutnya akan ada banyak pihak yang mencoba menyerang lembaganya.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNews di Google News

Foto Ketua KPK Firli Bahuri dan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo tak hanya berdua di lapangan bulu tangkis
Foto Ketua KPK Firli Bahuri dan eks Mentan Syahrul Yasin Limpo tak hanya berdua di lapangan bulu tangkis

"Begitu banyak perkara korupsi yang sedang diselesaikan KPK. Sangat mungkin saat ini para koruptor bersatu melakukan serangan, apa yang kita kenal dengan istilah when the corruptor strike back, namun kami pasti akan ungkap semua," ujarnya.

Untuk itu, Firli berharap masyarakat tidak tergiring opini-opini yang tidak sesuai fakta dan dapat mengaburkan pokok perkara yang sedang ditangani KPK. Termasuk dugaan tindak pidana korupsi di Kementerian Pertanian berupa pemerasan dalam jabatan, gratifikasi dan TPPU.

"Kami menyadari, pemberantasan korupsi adalah upaya yang penuh tantangan. Namun, KPK tetap berkomitmen untuk terus fokus dalam proses penegakan hukum ini, sebagai salah satu upaya untuk mendukung perwujudan tujuan bernegara, bangsa Indonesia yang maju, adil, makmur dan sejahtera," ucapnya.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita