Arahan Jokowi soal Alutsista: Produk Dalam Negeri dan Skala Prioritas By Tim detikcom

 

Arahan Jokowi soal Alutsista: Produk Dalam Negeri dan Skala Prioritas

By Tim
detikcom
Foto: Presiden Joko Widodo memimpin pacara HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta Pusat. Jokowi juga sempat melakukan inspeksi pasukan.
Foto: Presiden Joko Widodo memimpin pacara HUT ke-78 TNI di Monas, Jakarta Pusat. Jokowi juga sempat melakukan inspeksi pasukan.
Jakarta -

TNI memperingati hari jadinya ke-78 di Monas, Jakarta Pusat (Jakpus). Di momen ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memimpin upacara HUT TNI menyampaikan arahan terkait alat utama sistem senjata (alutsista).

Jokowi mulanya menegaskan modernisasi alutsista penting. Dan hal itu berdampak pada perkembangan industri pertahanan dalam negeri.

"Modernisasi alutsista harus menjadi bagian penting dari perkembangan investasi industri pertahanan dalam negeri," kata Jokowi di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Jokowi lalu meminta agar dilakukan transfer teknologi dan peningkatan SDM untuk mengembangkan industri pertahanan dalam negeri. Soal pengadaan alutsista TNI, dia menegaskan harus diutamakan produk dalam negeri.

"Sehingga harus didorong transfer teknologi, harus didorong peningkatan SDM, dan harus diutamakan produk dalam negeri," ujar Jokowi.

Jokowi juga menyinggung soal kondisi keuangan negara. Dia mengungkapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terbatas, dan kebutuhan untuk menyejahterakan rakyat sangat besar.

"Untuk urusan alutsista, memang modernisasi alutsista sangat diperlukan. Tapi keuangan negara, anggaran negara, APBN kita sangat terbatas dan untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar," ungkap Jokowi.

Dia meminta TNI bijaksana dalam pengadaan alutsista, baik dari sisi jumlah maupun kegunaannya. "Sehingga belanja alutsista harus dilakukan dengan bijak, baik besarannya maupun peruntukannya," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi melanjutkan, negara kesulitan dalam mengumpulkan pendapatan, dan pendapatan negara berasal dari uang rakyat. Oleh sebab itu Jokowi mengatakan kepentingan rakyat harus dikedepankan.

"Terkait dengan ini, saya minta agar anggaran yang dimiliki karena sulit dalam mengumpulkannya, sulit mendapatkannya, dan merupakan uang dari rakyat, sehingga sebisa mungkin harus dibelanjakan dan diputar kembali untuk rakyat," ucap Jokowi.

Simak Video 'Arahan Jokowi Minta TNI Peka soal Krisis Pangan: Ini Urusan Perut!':

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita