Akrab dengan Liga Champions Eropa, Sinyal Kevin Diks Dinaturalisasi Timnas Indonesia Semakin Menguat - suara

 

Akrab dengan Liga Champions Eropa, Sinyal Kevin Diks Dinaturalisasi Timnas Indonesia Semakin Menguat

By Rully Fauzi
suara.com
Bek FC Copenhagen, Kevin Diks
Bek FC Copenhagen, Kevin Diks

Suara.com - Sinyal bek tengah keturunan Belanda, Kevin Diks jadi dinaturalisasi Timnas Indonesia semakin menguat. Andai benar jadi, Kevin Diks akan jadi pemain Indonesia pertama yang tampil di Liga Champions Eropa.

Berpaspor Belanda, Kevin Diks yang berusia 27 tahun merupakan pemain keturunan Indonesia berdarah Maluku. Ia kini bermain untuk klub juara Denmark, FC Copenhagen.

Sebagai bek tengah, kualitas Kevin Diks tak perlu diragukan lagi. Bahkan, dia sudah berpengalaman main di kompetisi antarklub Eropa paling elite, Liga Champions.

Musim lalu, Kevin Diks tampil di enam laga dalam kampanye Copenhagen di fase grup Liga Champions. Musim ini, dua juga sudah tampil dua kali di fase grup, termasuk melawan tim raksasa Jerman, Bayern Munich.

Sebelumnya pada musim 2017/2018 silam, Kevin Diks juga sempat tiga kali main di Liga Champions saat memperkuat klub elite Belanda, Feyenoord.

Beberapa waktu belakangan ini, santer dikabarkan bek bertinggi 182 cm itu akan segera mengurus berkas naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk membela Timnas Indonesia.

Kabar itu pun diperkuat dengan sejumlah pertanda yang bermunculan ke permukaan. Di antaranya, yang teranyar, pengamat sepakbola, Ronny Pangemanan telah membocorkan bahwa Kevin Diks akan menjadi calon pemain naturalisasi berikutnya.

Ia mengklaim sang pemain akan menyusul Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On untuk menjalani proses naturalisasi menjadi WNI demi membela Timnas Indonesia.

"Masih Jay dan Nathan. Satu lagi yang siap menyusul Kevin Diks," klaim pria yang akrab disapa Bung Ropan itu ketika menjawab pertanyaan dari seorang warganet di kolom komentar Instagram pribadinya, Senin (23/10).

Bukan hanya itu, Exco PSSI, Arya Sinulingga, juga keceplosan menyebut nama Kevin Diks sebagai calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia berikutnya.

Arya mengatakan hal itu saat berbincang dengan Nathan Tjoe-A-On usai laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia leg pertama antara Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam, Kamis (12/10/2023).

"Satu per satu dulu. Yang pasti harus jauh di atas yang sudah ada. Itu syarat utama," tulis Arya Sinulingga dalam unggahannya di Instagram pribadinya.

"Pada ngeh, coba didengar baik-baik pak Arya di awal-awal pada detik 1-4 bilang "KEVIN DIKS" COPENHAGEN," balas komentar salah satu netizen.

Selain itu, Kevin Diks juga menyukai salah satu unggahan Instagram Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Ia sendiri beberapa waktu lalu pernah mengatakan tertarik membela Timnas Indonesia.

Di profil Instagramnya saja, @kevindiks2, sang bek mencantumkan bendera Merah Putih.

Jika semua pertanda di atas menjadi kenyataan, maka Kevin Diks akan segera membela Timnas Indonesia. Jika demikian, dia akan bakal menjadi pemain Timnas Indonesia pertama yang main di Liga Champions.

Kemampuan bertahan Kevin Diks sendiri yang terdekat akan diuji Manchester United saat FC Copenhagen bertandang ke Old Trafford tengah pekan ini untuk matchday 3 Grup A Liga Champions 2023/2024.

Tentu sorotan akan kembali tertuju pada bek yang juga pernah merumput di Italia bersama Fiorentina dan Empoli tersebut.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita