5 Cabor Gagal Target Emas Asian Games, Menembak dan BMX Beri Kejutan By CNN Indonesia

 

5 Cabor Gagal Target Emas Asian Games, Menembak dan BMX Beri Kejutan

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
Badminton jadi salah satu cabang yang gagal capai target medali emas di Asian Games 2023. (PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak lima cabang olahraga (cabor) gagal meraih target medali emas Asian Games 2023, sedangkan dua cabor lain memberikan kejutan.

Sebelum bertolak ke Hangzhou, China, Pemerintah Indonesia menargetkan 12 medali emas dari sembilan cabang olahraga: badminton, dragon boat, jujitsu, kurash, karate, sepak takraw, panjat tebing, angkat besi, dan wushu.

Akan tetapi hasil kompetisi memutuskan hanya empat cabang yang berhasil meraih emas. Kelima cabor itu adalah, dragon boat, panjat tebing, angkat besi, dan wushu.

Sementara lima cabang olahraga lain dipastikan gagal: badminton, kurash, karate, sepak takraw, dan jujitsu.

Hanya sepak takraw dan karate yang meleset dari target medali emas, setelah meraih medali dengan warna lain.

Sepak takraw Indonesia maksimal meraih medali perak melalui nomor quadrant putra dan putri. Kemudian karate meraih medali perunggu lewat Ignatius Joshua Kandou di nomor kumite -75kg putra.

Sedangkan badminton, kurash dan jujitsu nirmedali. Badminton yang menjadi andalan mendulang emas pulang tanpa meraih medali.

Penampilan terbaik badminton Indonesia hanya sampai babak perempat final: Anthony Ginting, Gregoria Mariska, hingga tim beregu putra serta putri.

Cabang kurash yang mengirim satu wakil melalui Savira Diah Fitri Rizkianti di kelas -52kg putri harus terhenti di babak awal, 16 besar, usai kalah dari wakil Turkmenistan Aynur Amanova 0-5.

Senasib dengan kurash, cabang jujitsu juga tidak bisa berbuat banyak setelah Ilma Yenni Megawati sebagai satu-satunya atlet dari cabang itu terhenti di babak pertama, 16 besar, nomor -63kg putri usai kalah dari atlet Korea Selatan Hee Jo Choi, 2-50.

Empat cabang yang mencapai target meraih medali emas adalah wushu lewat Harris Horatius dari nomor nanquan putra, angkat besi melalui Rahmat Erwin Abdullah di kelas 73kg putra, panjat tebing dengan Desak Made Rita Kusuma Dewi di nomor speed putri dan perahu naga dari tim putra 1000 meter.

Perolehan medali emas Indonesia di Asian Games 2023 juga terbantu dengan kejutan dari cabang menembak yang menyumbang dua emas melalui Muhammad Sejahtera Dwi Putri dari nomor men's 10 m running target dan men's 10 m running target mixed.

Kejutan lain diberikan cabang bersepeda nomor BMX putri lewat Amellya Nur Sifa. Menembak dan BMX jadi dua kejutan dari penampilan kontingen Indonesia di Asian Games edisi ke-19 ini.

(sry)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita