3 Rider Pemenang Race MotoGP Mandalika 2023 Diberi Keris Pusaka - detik

 

3 Rider Pemenang Race MotoGP Mandalika 2023 Diberi Keris Pusaka

By Ahmad Viqi
detik.com
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Jamaluddin Malady.
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Jamaluddin Malady.
Mataram -

Final Race Pertamina Grandprix MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika ,Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (15/10/2023), akan dibuka dengan tarian Penjage Bale (penjaga rumah). Sebanyak 200 siswa-siswi dari NTB akan memeragakan tarian itu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Jamaluddin Malady mengatakan tarian Penjage Bale akan diperagakan sebelum Final Race MotoGP Mandalika 2023 di tengah garis start Sirkuit Mandalika.

"Penari kami ada sekitar 200 orang dari anak-anak Lombok. Anak-anak yang menari ini sudah melakukan promosi ke Singapura dan Malaysia," kata Jamal saat menemani Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di Mataram, Sabtu malam (14/10/2023).

Menurut Jamal tarian Penjage Bale sudah direkomendasikan oleh Dorna Sport untuk membuka event MotoGP 2023. Tarian Penjage Bale itu bermakna melindungi pembangunan pemerintah termasuk Sirkuit Mandalika.

"Seluruh pembangunan pemerintah di NTB wajib kita jaga termasuk Mandalika yang dibangun untuk masyarakat NTB," katanya.

Selain dibuka dengan tarian Penjage Bale, sebelum balapan penonton dan semua rider akan dihibur oleh penyanyi Putri Ariani, finalis America's Got Talent.

Rider akan Diberi Keris Pusaka

Menurut Jamal semua rider yang berhasil naik podium baik di kelas Moto3, Moto2 dan MotoGP akan diberikan keris pusaka hasil karya salah satu empu dari Lombok.

"Nanti pemenang juara satu Moto3 akan diserahkan oleh pembuat keris sendiri. Juara Moto2 diberikan oleh Komandan Lapangan MotoGP dan juara MotoGP akan diberikan oleh Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi," kata Jamal.

Pemberian keris pusaka karya pengerajin asal Lombok tersebut akan dibungkus menggunakan paket agar tidak membahayakan para rider.

"Kenapa kami berikan keris pusaka buatan Lombok? Ini untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif kita," pungkas Jamal.


Simak Video "Aleix Espargaro Tercepat di Practice MotoGP Mandalika, Bagnaia Q1 Dulu"
[Gambas:Video 20detik]

(dpw/dpw)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita