Pengamat: Timnas Indonesia U-23 Harusnya Bisa Menang 15-0 By CNN Indonesia

 

Pengamat: Timnas Indonesia U-23 Harusnya Bisa Menang 15-0

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 10, 2023
Timnas Indonesia U-23 disebut harus lebih jeli di depan gawang saat melawan Turkmenistan. (Dok. AFC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengamat sepak bola nasional Supriyono Prima menilai Timnas Indonesia U-23 seharusnya bisa menang 15-0 atas Taiwan pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (9/9).

Mantan pemain Timnas Indonesia ini menilai ada beberapa peluang yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol. Sayangnya ketenangan pemain di depan gawang belum sepenuhnya terjaga.

"Pemain punya kepercayaan diri dan di setiap lini kita unggul dari Taiwan. Kematangan dan kedewasaan bermain juga terlihat. Seharusnya itu bukan 9-0, tetapi bisa 15-0," kata Supriyono, Minggu (10/9).

"[Ramadhan] Sananta kemudian Witan [Sulaeman] misalnya sudah di depan kotak penalti, tetapi kemudian eksekusinya kurang tenang. Artinya penyelesaian akhir harus ditingkatkan lagi," ujarnya.

Mengacu statistik pertandingan, Garuda Muda punya 27 tembakan ke arah gawang yang 15 di antaranya tepat sasaran. Tembakan tepat sasaran ini dinilai Supriyono itu seharusnya bisa menjadi gol.

Hal ini diharapkan bisa diperbaiki Timnas Indonesia U-23 sebelum laga penting Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 melawan Turkmenistan pada Selasa (12/9) malam. Laga ini sangat krusial karena akan menentukan status kelolosan ke putaran final.

"Kalau melihat grup ini [Grup K] kita diuntungkan, tetapi jangan terlalu kelebihan percaya diri. Kita masih di atas Turkmenistan, tetapi mereka juga menang 4-0 saat melawan Taiwan," kata Supriyono.

"Artinya mereka punya kemampuan mencetak gol. Transisi permainan dalam sebuah tim itu sangat penting. Itu harus terus diperhatikan. Kemudian karakter game plan juga harus konsisten," ucap Supriyono menambahkan.

Tak kalah penting, Rizky Ridho dan kawan-kawan diingatkan untuk fokus saat jumpa Turkmenistan. Ini karena kualitas Turkmenistan di atas Taiwan, sehingga bisa merepotkan permainan Indonesia.

"Pemain harus fokus 100 persen selama 90 menit. Jangan lupa kesalahan kecil bisa berakibat kebobolan. Pemain harus lebih smart lagi dalam pengambilan keputusan," kata Supriyono.

Saat ini Timnas Indonesia U-23 memuncaki klasemen Grup K dengan poin tiga dan punya selisih gol +9. Adapun Turkmenistan di posisi kedua dengan poin sama dengan torehan +4.

(abs/har)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita