Pelatih Timnas Putri Spanyol Dipecat Imbas Rubiales Cium Hermoso By CNN Indonesia

 

Pelatih Timnas Putri Spanyol Dipecat Imbas Rubiales Cium Hermoso

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 5, 2023
Jorge Vilda (tengah) saat perayaan bersama pemain timnas putri Spanyol di Piala Dunia Wanita 2023. (REUTERS/AMANDA PEROBELLI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dikabarkan memecat Jorge Vilda dari jabatan pelatih timnas putri Spanyol yang baru saja mempersembahkan juara Piala Dunia Wanita 2023, pada Rabu (5/9).

Keputusan RFEF itu dikeluarkan usai setelah pengurus baru untuk mengelola sementara RFEF menggelar rapat pada Selasa (5/9).

"Federasi Sepak Bola Spanyol [RFEF] memecat Jorge Vilda, pelatih timnas putri pemenang Piala Dunia Wanita 2023, sebagai bagian dari dampak buruk yang disebabkan oleh kasus Presiden RFEF Luis Rubiales yang mencium pemain timnas putri Spanyol Jennifer Hermoso," kata seorang sumber dikutip dari Reuters.

"Sebuah dewan baru yang dibentuk setelah skorsing Presiden RFEF Luis Rubiales oleh FIFA atas dugaan ciuman non-konsensual saat perayaan kemenangan Piala Dunia Wanita dua minggu lalu telah memutus kontrak Vilda," kata sumber itu menambahkan.

FIFA memberikan skors kepada Presiden RFEF Luis Rubiales buntut aksi cium bibir Jennifer Hermoso.

Hukuman ini bersifat sementara sampai FIFA menyelesaikan investigasi dan memberikan keputusan akhir.


Bukan hanya larangan aktivitas di lingkungan sepak bola, Rubiales juga dilarang melakukan kontak dengan Hermoso ataupun orang-orang di lingkungan terdekat Hermoso. Kini posisi Presiden RFEF sementara dipegang Pedro Rocha. 

Insiden Rubiales dengan Hermoso terjadi pada proses pengalungan medali di Piala Dunia Wanita 2023. Saat Rubiales berhadapan dengan Hermoso, Rubiales mencium bibir Hermoso.

Usai insiden tersebut, Hermoso mengaku tidak menyukai tindakan itu. Hermoso lalu mendapat dukungan dari banyak pihak. Puncaknya, ada pernyataan yang ditandatangani 56 pemain bahwa mereka menolak bermain sampai Rubiales dipecat.

Rubiales sendiri menyatakan bahwa banyak kebohongan yang disebar oleh pihak Hermoso dalam kasus ini. Ia pun sempat menolak untuk mundur dari posisi Presiden Federasi Spanyol.

Insiden Rubiales yang mencium bibir Hermoso ini seolah menjadi noda di balik keberhasilan Spanyol mencetak sejarah di Piala Dunia Wanita 2023. Spanyol untuk pertama kalinya jadi juara Piala Dunia Wanita 2023.

Di babak final pada 20 Agustus di Australia, Spanyol sukses mengalahkan Inggris dengan skor 1-0. Gol tunggal Spanyol dicetak oleh Olga Carmona di menit ke-29.

(rhr)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek