Momen Atlet Menembak Korut Tolak Foto Bersama dengan Korsel di Asian Games Setelah Kalah - inews

 

Momen Atlet Menembak Korut Tolak Foto Bersama dengan Korsel di Asian Games Setelah Kalah

By Anton Suhartono
inews.id
September 25, 2023
Tiga atlet menembak Korut di Asian Games Hangzhou menolak foto bersama dengan atlet Korsel
Tiga atlet menembak Korut di Asian Games Hangzhou menolak foto bersama dengan atlet Korsel

HANZHOU, iNews.id - Tiga atlet menembak Korea Utara (Korut) di Asian Games Hangzhou, China, menolak foto bersama dengan atlet Korea Selatan (Korsel). Korut bersama Korsel meraih medali, masing-masing perak dan emas, cabang olahraga menembak Asia Games Hangzhou, Senin (25/9/2023).

Atlet Korut meraih perak dari nomor lari target 10 meter beregu putra setelah dikalahkan Korsel. Sebelum itu, mereka juga menolak untuk menghadap bendera Korsel yang dikibarkan disertai dengan lagu kebangsaan.

Setelah itu para peraih medali berkumpul di depan kamera. Peraih medali perunggu yakni Indonesia bergabung berama Korsel di podium, namun tiga atlet Korut, yakni Kwon Kwang Il, Pak Myong Won, dan Songjun Yu, tidak.

Setelah itu seorang atlet Korsel tampaknya berusaha mencairkan suasana. Dia mendatangi atlet Korut kemudian menepuk bahunya untuk mengajak bicara. Namun usaha itu sia-sia, atlet Korut bahkan enggan menoleh.

Kejadian di Fuyang Yinhu Sports Centre itu bukan peristiwa kontroversi pertama melibatkan atlet Korut di Asian Games Hangzhou.

Dewan Olimpiade Asia (OCA) pada Minggi kemarin senang karena bendera Korut diperbolehkan berkibar. Padahal sebelumnya ada larangan pengibaran bendera Korut lantaran negara itu tak mematuhi aturan anti-doping global.

Korut diskors oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) hingga akhir tahun 2022 setelah absen pada Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Penyebabnya Korut tidak mengirim delegasi ke Olimpiade Musim Panas di Tokyo.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita