MGPA: Medical Center Sirkuit Mandalika Berfungsi dengan Baik By CNN Indonesia

 

MGPA: Medical Center Sirkuit Mandalika Berfungsi dengan Baik

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 5, 2023
MotoGP Mandalika 2023 akan digela 13-15 Oktober. (Dorna Sports)
Jakarta, CNN Indonesia --

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria memastikan medical center Sirkuit Mandalika berfungsi dengan baik jelang MotoGP Mandalika 2023.

Priandhi mengatakan insiden meninggalnya pembalap asal Jepang Haruki Noguchi usai balapan Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 tidak mendapat sorotan dari Dorna.

"[Insiden saat ARRC] Tidak jadi sorotan Dorna. Jadi, kebetulan sebelum kejadian saya bicara dengan Stephan Macky Carapiet, kebetulan dia itu FIM Asia Director," kata Priandhi.

"Sebelum kejadian dia sudah bilang fasilitas oke. Waktu kejadian Stephan juga ada. Memang kecelakaan parah karena motor lagi tempel-tempelan pas tikungan 10," ujarnya.

Sesaat usai insiden itu Noguchi langsung dibawa ke medical center. Pembalap asal Jepang itu lantas mendapat perawatan intensif hingga menggunakan alat bantu.

"Noguchi dibawa ke medical center di dalam sirkuit. Semua menyatakan medical center berfungsi dengan baik. Begitu juga sampai di rumah sakit," ucap Priandhi.

"Waktu dari medical center sudah pakai alat bantu. Ini tetap pakai alat bantu beberapa hari sampai keluarganya datang dan keluarga minta coba dilepas, lantas dipasang lagi" katanya.

Noguchi meninggal beberapa hari setelah terjadi kecelakaan di Sirkuit Mandalika. Kecelakaan tersebut terjadi dalam balapan race kedua yang berlangsung pada Minggu.

Ketika lap keempat memasuki tikungan ke-10, Noguchi yang sedang bersaing dengan Zaqhwan Zaidi bersenggolan. Zaidi dan Noguchi pada akhirnya sama-sama terjatuh. Bagian kepala Noguchikemudian terlindas motor lain yang melintas kencang di belakangnya.

Bedanya Zaidi terjatuh dan keluar dari trek, sedangkan Noguchi tetap di lintasan. Dalam situasi itu muncul pembalap lainnya dari belakang dengan laju kencang dan menabrak Noguchi.

MotoGP Mandalika 2023 akan berlangsung pada 13-15 Oktober. Ini merupakan balapan kedua di Sirkuit Mandalika setelah edisi perdana berlangsung pada 18-20 Maret 2022.

(abs/jal)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita