Masalah MotoGP India: Pembalap Sulit Bernapas dan Merasa Terbakar By CNN Indonesia

 

Masalah MotoGP India: Pembalap Sulit Bernapas dan Merasa Terbakar

By CNN Indonesia
cnnindonesia.com
September 23, 2023
Pembalap mengalami kepanasan yang sangat hebat di MotoGP India 2023. (AFP/MONEY SHARMA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Manajer Tim Ducati Davide Tardozzi mengatakan para pembalap kesulitan bernapas setelah empat hingga lima lap balapan di MotoGP India 2023.

Balapan MotoGP India 2023 akan berlangsung di Sirkuit Buddh pada Minggu (24/9) sore pukul 17.00 WIB. Race MotoGP India 2023 akan disiarkan langsung di Trans7 mulai pukul 17.00 WIB.

Edisi perdana MotoGP India memiliki sejumlah masalah. Selain kendala visa yang dialami pembalap dan kru, penyelenggaraan MotoGP India 2023 berlangsung di tengah situasi negara tersebut diserang wabah virus nipah.

Kini masalah baru muncul setelah para pembalap merasakan panas yang sangat hebat ketika menjalani latihan bebas hingga kualifikasi di Sirkuit Buddh, India pada Jumat (22/9) dan Sabtu (23/9).

Kondisi ini membuat MotoGP India 2023 di Sirkuit Buddh mengalami pemangkasan lap atau putaran setelah cuaca di India bagian utara itu mengalami kondisi ekstrem karena suhu mencapai 37 derajat celsius.

Sprint race yang digelar Sabtu (23/9) dipotong satu lap, dari 12 jadi 11 lap. Balapan utama yang semula 24 lap kini akan digelar selama 21 lap. Balapan pada dua kelas di bawah MotoGP juga ikut terpotong.


Moto3 dan Moto2 masing-masing mengalami pemangkasan satu lap. Moto3 dari 17 lap menjadi 16 lap, sedangkan Moto2 dari 19 jadi 18 lap.

Pembalap Ducati Francesco Bagnaia mengatakan merasa terbakar pada sebagian tubuh karena cuaca panas di India.

"Ini lebih buruk daripada di Malaysia," ujar Bagnaia dikutip dari GPOne.

"Dengan Ducati biasanya kami tidak memiliki masalah tertentu, tapi kini saya merasa seperti terbakar pada punggung, Anda mulai merasakan tenggorokan terbakar, kaki Anda terbakar," ucap Bagnaia menambahkan.

Sementara Manajer Tim Ducati mendukung keputusan Dorna yang memangkas lap balapan MotoGP India.

Menurutnya, keputusan itu memang sangat luar biasa, namun perlu bagi para pembalap.

"Setelah empat atau lima lap mereka [pembalap] kesulitan bernapas," kata Tardozzi dikutip dari GPOne.

Balapan MotoGP India 2023 akan berlangsung di Sirkuit Buddh pada Minggu (24/9) sore pukul 17.00 WIB. Race MotoGP India 2023 akan disiarkan langsung di Trans7 mulai pukul 17.00 WIB.

(rhr)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita