Maroko Terpilih Jadi Tuan Rumah Piala Afrika 2025 By BeritaSatu

 

Maroko Terpilih Jadi Tuan Rumah Piala Afrika 2025

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 27, 2023
Trofi Piala Afrika
Trofi Piala Afrika

Jakarta, Beritasatu.com - Maroko terpilih menjadi tuan rumah Piala Afrika 2025 menggantikan Guinea. Sebelumnya pada bulan Oktober 2022, Guinea dicoret sebagai tuan rumah Piala Afrika karena kekhawatiran terhadap infrastruktur dan fasilitas.

Maroko terpilih setelah menjadi satu-satunya negara yang tetap mencalonkan diri sebagai tuan rumah. Sebelumnya, Aljazair, Zambia dan tim gabungan dari Benin dan Nigeria sempat mencalonkan diri tetapi mundur sebelum Komite Ekesekutif Federasi Sepak Bola Afrika (CAF) melakukan pemungutan suara di Kairo, Mesir.

Dengan ini, Maroko akan mendapat kesempatan menjadi tuan rumah turnamen tersebut untuk kedua kalinya setelah terakhir kali pada 1988.

Kesempatan ini juga menjadi dorongan untuk mewujudkan harapan menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030 bersama Portugal dan Spanyol.

Dengan terpilihnya Maroko, maka untuk penyelenggaran Piala Afrika 2027 diberikan kepada penawar bersama dari Kenya, Tanzania, dan Uganda.

Sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Afrika, Maroko pernah sekali juara (1976), sekali runner up (2004), dan sekali menempati peringkat keempat (1980).

Negara tersering menjadi juara Piala Afrika saat ini masih dipegang Mesir yang sudah tujuh kali juara, diikuti Kamerun (lima kali juara) dan Ghana (empat kali juara).

Untuk penyelanggaraan Piala Afrika 2023 digelar di Pantai Gading dan Senegal menyandang status sebagai juara bertahan.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek