Lifter Rahmat Erwin Abdullah Pecahkan Rekor Dunia di Arab Saudi By BeritaSatu

 

Lifter Rahmat Erwin Abdullah Pecahkan Rekor Dunia di Arab Saudi

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
September 11, 2023
Rahmat Erwin Abdullah
Rahmat Erwin Abdullah

Jakarta, Beritasatu.com - Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah mencatatkan prestasi luar biasa dengan memecahkan rekor dunia dalam angkatan clean and jerk pada Kejuaraan Dunia IWF 2023 di Riyadh, Arab Saudi, Senin (11/9/2023).

Rahmat, yang berkompetisi dalam kelas 81 kg putra Grup B, berhasil mencetak rekor dunia dengan mengangkat 209 kilogram, sehingga meraih medali emas dalam nomor tersebut.

Rekor dunia sebelumnya untuk angkatan clean and jerk, seberat 208 kilogram, dipegang oleh lifter Bulgaria, Karlos Nasar, yang dicapai pada Kejuaraan Dunia 2021.

"Luar biasa. Ia adalah satu-satunya lifter Indonesia yang berhasil memecahkan rekor dunia angkatan clean and jerk di dua kelas yang berbeda yakni 73 kg dan 81 kg. Maka ia pantas mendapat julukan The King of Clean and Jerk," kata Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Hadi Wihardja, dalam keterangan tertulis, Senin (11/9/2023).

Hadi Wihardja juga menyatakan optimisme bahwa Rahmat mampu meraih medali di Asian Games mendatang, meskipun harus bersaing dengan pesaing di Kandang Naga.

Selain medali emas dalam clean and jerk, Rahmat juga meraih medali perak dengan catatan total angkatan seberat 354 kilogram. Rahmat hanya terpaut dua poin dari pemenang medali emas Italia, Oscar Reyes Martinez, yang mencapai total angkatan 356 kilogram. Sementara medali perunggu diraih oleh Toshtemirov asal Uzbekistan dengan total angkatan 352 kilogram.

Dalam jenis angkatan snatch, Rahmat mencatatkan satu kali angkatan seberat 145 kilogram dan tidak mengubah berat angkatannya pada kesempatan selanjutnya. Namun, dalam angkatan clean and jerk, Rahmat berhasil mengangkat 195 kilogram pada percobaan pertama.

Dia kemudian menambah beban menjadi 200 kilogram pada percobaan kedua yang berhasil diangkatnya. Pada percobaan ketiga, Rahmat resmi memecahkan rekor dunia dengan mengangkat 209 kilogram dalam angkatan clean and jerk.

Medali emas Rahmat dalam angkatan clean and jerk dipastikan setelah pesaing-pesaingnya dalam grup A gagal mengangkat beban yang seberat yang ia angkat.

Rahmat sebelumnya juga berhasil memecahkan rekor dunia dalam nomor clean and jerk pada Kejuaraan Dunia IWF 2022 di Bogota, Kolombia, dengan mengangkat 200 kilogram di kelas 73 kg putra, mematahkan rekor milik peraih medali emas Olimpiade 2020, Shi Zhiyong.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita