Bikin Bangga! Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Raih 1 Emas dan Perak di IWF 2023 - inews

 

Bikin Bangga! Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Raih 1 Emas dan Perak di IWF 2023

Bikin Bangga! Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah Raih 1 Emas dan Perak di IWF 2023Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, mencatatkan prestasi manis di Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF 2023. (Foto: Reuters)

RIYADH, iNews.id- Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, mencatatkan prestasi manis di Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF 2023. Atlet berusia 22 tahun itu meraih satu emas dan satu perak.

Rahmat tampil di nomor 81kg putra pada ajang yang berlangsung di Riyadh, Arab Saudi, tersebut. Dirinya pun sukses memborong dua medali sekaligus dalam ajang bergengsi tingkat Internasional itu.

Di ajang tersebut, Rahmat mencatatkan 145kg untuk nomor angkatan snatch dan 209kg untuk angkatan clean and jerk. Total angkatan yang diraihnya itu adalah 354kg.

Catatan angkatan 209kg pada nomor clean and jerk itu membuatnya sukses meraih medali emas. Dia unggul atas Bozhidar Dimitrev Andreev asal Bulgaria yang meraih perak dengan catatan angkatan 195kg. Sementara peraih perunggu dalam nomor tersebut diraih oleh Oscar Reyes Martinez asal Italia dengan catatan 193kg.

Sementara medali perak Rahmat raih pada nomor total angkatan. Lifter asal Makassar itu kalah tipis dengan terpaut dua poin saja dari Oscar yang memiliki total angkatan 356kg. Pasalnya, Oscar mencatatkan 163kg pada angkatan snatch. 

Untuk perunggu di nomor total angkatan diraih oleh Toshtemirov. Lifter asal Uzbekistan itu memiliki total angkatan 352kg setelah mencatat 164kg pada angkatan snatch dan 188kg pada clean and jerk.

Tentu saja raihan satu medali emas dan satu perak ini adalah prestasi yang ciamik dari Rahmat. Selain itu, sebelumnya dia juga sukses mencatatkan prestasi gemilang yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Pasalnya, Rahmat sukses pecahkan rekor dunia untuk angkatan clean and jerk pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF 2023. Dia sukses memecahkan rekor dunia angkat besi untuk angkatan clean and jerk nomor 81kg putra.

Rahmat tidak menemui kendala kala melakukan tiga kali angkatan clean and jerk, mulai dari 190kg, 200kg, hingga naik ke angkatan 209kg. Dia memecahkan rekor yang dibukukan oleh lifter Bulgaria Karlos Nasar pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021, yaitu 208kg.

Editor : Ibnu Hariyanto

Follow Berita iNews di Google News


Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita