4 Kategori Pertandingan Pencak Silat, Nomor 1 Paling Banyak Menyedot Penonton - inews

 

4 Kategori Pertandingan Pencak Silat, Nomor 1 Paling Banyak Menyedot Penonton

By dika maulana
inews.id
September 14, 2023
Ada 4 kategori pertandingan pencak silat yang menarik diulas. Salah satunya paling banyak menyedot penonton
Ada 4 kategori pertandingan pencak silat yang menarik diulas. Salah satunya paling banyak menyedot penonton

JAKARTA, iNews.id - Ada 4 kategori pertandingan pencak silat yang menarik diulas. Salah satunya paling banyak menyedot penonton.

Pencak silat menjadi bela diri yang populer di dunia. Bahkan untuk masalah popularitas dapat disandingkan dengan bela diri lain seperti tinju, karate dan kung fu.

Pencak silat dapat dibedakan berdasarkan nomor yakni nomor putra dan putri serta kelas yang dibedakan berdasarkan berat badan.

Sekarang sama seperti beladiri lain, pencak silat tidak lagi hanya menjadi olahraga semata pencak silat ditandingkan dalam beberapa event olahraga global.

Dalam event olahraga nasional maupun internasional, terdapat empat kategori pertandingan yang dipertandingkan.

4 Kategori Pertandingan Pencak Silat:

1. Kategori Tanding

Kategori tanding merupakan kategori yang menampilkan 2 orang pesilat dari kubu yang berbeda, biasanya akan dibedakan menjadi sudut merah dan biru.

Keduanya akan saling berhadapan dan bertarung menggunakan unsur pembelaan dan serangan seperti menangkis, meninju, memukul. Kemenangan dalam kategori ini berdasarkan poin dengan mengalahkan lawan.

Kategori tanding menjadi kategori yang paling banyak ditonton dalam lingkup kejuaran silat, karena biasanya kedua pesilat yang bertarung dalam kategori tanding membawa gengsi nama baik dirinya sendiri, kelompok silat yang dia wakili serta nama negara yang dia bawa.

Editor : Reynaldi Hermawan

Follow Berita iNews di Google News

2. Kategori Tunggal

Kategori tunggal merupakan kategori yang menampilkan seorang pesilat menampilkan keahliannya dalam memperagakan teknik serta jurus tunggal baku dan dinilai sesuai estetika, ketepatan dan kecakapan sang pesilat baik dengan senjata maupun tanpa senjata.

3. Kategori Ganda

Kategori ganda merupakan kategori yang menampilkan 2 (dua) orang pesilat dari tim yang sama menampilkan keahliannya dalam memperagakan teknik-teknik serta jurus dalam silat dinilai sesuai estetika, kekompakan dan kecakapan kedua orang pesilat tersebut baik dengan senjata maupun tanpa senjata.

4. Kategori Regu

Kategori regu merupakan kategori yang menampilkan 3 (tiga) orang pesilat dari tim yang sama menampilkan keahliannya dalam memperagakan teknik serta jurus regu baku dan dinilai sesuai estetika, kekompakan dan kecakapan ketiga orang pesilat tersebut baik dengan senjata maupun tanpa senjata.

Itulah empat kategori pertandingan dalam pencak silat yang dipertandingkan dalam event olahraga maupun kejuaraan pencak silat.

Editor : Reynaldi Hermawan

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita