Sejarah Tercipta, Nouhaila Benzina Jadi Pemain Berhijab Pertama di Piala Dunia Wanita - bolacom

 

Sejarah Tercipta, Nouhaila Benzina Jadi Pemain Berhijab Pertama di Piala Dunia Wanita

Diterbitkan 31 Jul 2023, 14:45 WIB
Nouhaila Benzina
Bek Timnas Maroko Wanita, Nouhaila Benzina, menjadi pesepak bola pertama yang mengenakan hijab di Piala Dunia Wanita. Benzina memakai hijab ketika Maroko bersua Korea Selatan pada laga kedua Grup H Piala Dunia 2023 di Hindmarsh Stadium, Adelaide, Minggu (30/7/2023) siang WIB. (AP Photo/James Elsby)

Bola.com, Jakarta - Sejarah tercipta di Piala Dunia Wanita 2023. Bek Timnas Maroko Wanita, Nouhaila Benzina, menjadi pemain pertama yang mengenakan hijab di turnamen tersebut.

Momen bersejarah itu terjadi ketika Maroko bersua Korea Selatan pada laga kedua Grup H Piala Dunia Wanita 2023 di Hindmarsh Stadium, Adelaide, Minggu (30/7/2023) siang WIB.

Dalam pertandingan tersebut, Nouhaila Benzina tampil sejak menit awal, dan menghuni pos bek tengah dalam formasi 4-4-2. Bagi Benzina, ini adalah penampilan perdananya di Piala Dunia Wanita 2023.

Dalam partai pertama Grup H ketika Maroko takluk 0-6 dari Jerman di Melbourne Rectangular Stadium, Melbourne, 24 Juli lalu, pemain berusia 25 tahun tersebut hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Dipercaya bermain sebagai starter, Nouhaila Benzina turut membantu Timnas Maroko meraih kemenangan 1-0 atas Korea Selatan. Gol tunggal kemenangan Maroko dicetak Ibtissam Jraidi pada menit ke-6.

 

2 dari 4 halaman

Sempat Dilarang

Nouhaila Benzina wanita asal Maroko merupakan pesepakbola pertama yang memakai hijab di Piala Dunia
Nouhaila Benzina wanita asal Maroko merupakan pesepakbola pertama yang memakai hijab di Piala Dunia. (Dok: Instagram @benzinanouhaila)

Keputusan Nouhaila Benzina memakai hijab dalam duel tersebut merupakan sebuah sejarah. Dia menjadi pesepak bola wanita pertama yang memakai hijab di Piala Dunia Wanita.

Padahal sebelumnya, penggunaan hijab dalam pertandingan sepak bola wanita sempat dilarang selama bertahun-tahun. FIFA beralasan, memakai hijab dalam sebuah laga bisa menganggu kesehatan dan keselamatan sang pemain.

Namun akhirnya, FIFA mencabut larangan tersebut sejak 2014. Federasi sepak bola tertinggi di dunia itu mengizinkan para pesepak bola wanita untuk memakainya atas alasan relijius.

 

3 dari 4 halaman

Nouhaila Benzina Menginspirasi

Nouhaila Benzina, pemain sepak bola berhijab pertama asal Maroko yang tampil di Piala Dunia
Nouhaila Benzina, pemain sepak bola berhijab pertama asal Maroko yang tampil di Piala Dunia. (dok: Instagram @benzinanouhaila)

Aksi Nouhaila Benzina pada laga Piala Dunia Wanita 2023, menginspirasi banyak pesepak bola putri muslim di seluruh dunia. Hal tersebut diungkapkan Asma Hassan, pemain tim putri Saltley Stallions.

"Jika saya melihat seseorang seperti (Benzina) ketika saya lebih muda, dia mendorong saya untuk bermain sepak bola di usia yang lebih muda," katanya.

"Senang sekali melihat seseorang yang mirip denganmu. Dia benar-benar menjadi panutan bagi kami," sambung Asma.

 

4 dari 4 halaman

Profil Nouhaila Benzina

Profil Nouhaila Benzina pemain sepak bola wanita pertama yang memakai hijab di Piala Dunia
Profil Nouhaila Benzina pemain sepak bola wanita pertama yang memakai hijab di Piala Dunia. (Dok: Instagram @Nouhaila Benzina)

Nouhaila Benzina diketahui lahir pada 11 Mei 1998. Dia mengawali karier sepak bola profesionalnya bersama ASFAR sejak 2016.

Benzina berhasil menorehkan sejumlah prestasi gemilang bersama ASFAR. Nouhaila Benzina tercatat sukses meraih 14 trofi juara, termasuk tujuh gelar liga.

Adapun bersama Timnas Maroko Wanita, Benzina hanya mampu meraih posisi runner-up Piala Afrika Wanita 2022, dan menjadi juara di ajang UNAF Women's Tournament 2020.

Sumber: talkSPORT, The Guardian

Pemain Terbaik Asia Pekan Ini

Pemain Terbaik Asia Pekan Ini

CR7 dan 9 Transfer Pemain Termahal dalam Sejarah

CR7 dan 9 Transfer Pemain Termahal dalam Sejarah

Transfer MU Bakal Anyep Nih

Transfer MU Bakal Anyep Nih

Kala CR7 dan Messi Beda Nasib di Liga Champions

Kala CR7 dan Messi Beda Nasib di Liga Champions

Ke Puncak...

Ke Puncak...

5 Pemain yang Berpotensi Lebih Tajam dari CR7

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek